Kisah Arsenal yang Rugi 4 Triliun dari Penjualan Pemain di 5 Tahun Terakhir

Kisah Arsenal yang Rugi 4 Triliun dari Penjualan Pemain di 5 Tahun Terakhir

Terbaiknews - – Klub Liga InggrisArsenalkerap dikritik karena rekrutmen pemain yang buruk. Namun mereka...

– Klub Liga Inggris, Arsenal, kerap dikritik karena rekrutmen pemain yang buruk. Namun mereka sama buruknya dalam penjualan karena kerap mengalami kerugian besar.

Arsenal selama beberapa musim terakhir ini kerap dinilai gagal di bursa transfer pemain. Sejumlah pemain yang didatangkan kerap menampilkan performa mengecewakan.

Musim ini, dari sekian banyak pemain yang datang, hanya Thomas Partey yang bisa dijadikan andalan. Meski demikian, ia kerap absen akibat cedera sehingga baru mencatatkan 15 penampilan di semua kompetisi.

Sementara itu, Nicolas Pepe yang didatangkan dengan banderol 72 juta pounds (Rp1,2 triliun) di musim sebelumnya dan menjadi pembelian termahal, hingga kini tak kunjung menunjukkan performa terbaik.

Meski demikian, Arsenal juga terbilang buruk di sektor penjualan pemain. Laman Planet Football mencatat The Gunners mengalami kerugian sebesar 210 juta pounds (Rp4 triliun) dari penjualan 15 pemain sejak 5 tahun terakhir.

Siapa saja kelima belas pemain tersebut dan sebesar apa kerugian yang dialami Arsenal dari penjualan masing-masing pemain itu? Berikut ini ulasannya.

Mesut Ozil

Didatangkan dari Real Madrid dengan banderol 42,5 juta pounds (Rp800 miliar) tahun 2013 lalu, Mesut Ozil sukses menghadirkan 3 gelar Piala FA di 4 tahun pertamanya. Namun, pada akhirnya ia dilepas gratis Januari ini usai kontraknya diakhiri lebih cepat.

Shkodran Mustafi

Shkodran Mustafi diboyong dengan banderol 35 juta pounds (Rp670 miliar) pada tahun 2016 lalu dengan harapan menjadi tembok tangguh di lini belakang. Namun, performanya justru terbilang mengecewakan. Sama seperti Ozil, Mustafi juga diputus kontrak sebulan yang lalu.

Sokratis

Satu lagi pemain Arsenal yang hengkang gratis di bursa transfer Januari ini karena kontrak yang diputus lebih awal adalah Sokratis Papastathopoulos. Padahal, The Gunners dulu merogoh kocek 17 juta pounds (Rp320 miliar) untuk mendatangkannya.