Emiliano Martinez, Kryptonite yang Diciptakan Sendiri Oleh Arsenal

Emiliano Martinez, Kryptonite yang Diciptakan Sendiri Oleh Arsenal

Terbaiknews - INDOSPORT - Arsenal dibekuk Aston Villa 0-1 di lanjutan Liga Inggris. Salah satu penyebabnya adalah...

INDOSPORT - Arsenal dibekuk Aston Villa 0-1 di lanjutan Liga Inggris. Salah satu penyebabnya adalah penampilan gemilang eks kiper mereka sendiri, Emiliano Martinez.

Arsenal menjalani pekan ke-23 Liga Inggris dengan bertandang ke markas Aston Villa, Sabtu (06/02/21) malam WIB. Meski tampil tanpa Bernd Leno dan David Luiz serta Pierre-Emerick Aubameyang, The Gunners membidik kemenangan demi mempertahankan posisi di 10 besar.

Namun, baru 2 menit laga berjalan, mereka sudah kebobolan lewat aksi Ollie Watkins. Sisa 88 menit gagal dimanfaatkan anak asuh Mikel Arteta untuk mencetak 1 gol pun. Akibatnya, mereka pun harus rela menerima kekalahan 0-1 dari Aston Villa.

Selain Watkins yang menjadi pencetak gol kemenangan, ada satu lagi pemain The Villans yang menjadi penyebab kekalahan Arsenal. Pemain yang dimaksud adalah penjaga gawang Emiliano Martinez.

Bintang asal Argentina itu tampil gemilang dengan melakukan 3 penyelamatan sehingga gawang Aston Villa tetap bersih hingga akhir laga.

Situasi ini pun terbilang pahit bagi Arsenal. Pasalnya, seperti diketahui, Martinez sempat membela panji The Gunners selama 10 musim, sebelum dilepas ke Aston Villa di bursa transfer musim panas lalu.

Meski Martinez tampil gemilang di paruh kedua musim lalu saat Bernd Leno cedera panjang, termasuk membawa tim menjuarai Piala FA, awal musim ini Mikel Arteta enggan memercayainya sebagai kiper utama dan justru lebih memilih Bernd Leno.

Akibatnya, Martinez memutuskan hengkang dan Arsenal pun menerima tawaran 16 juta pounds (Rp300 miliar) yang datang dari Aston Villa untuk sang penjaga gawang.

Namun, keputusan itu terbukti menjadi kesalahan. Martinez justru kemudian tampil gemilang bersama Aston Villa.

Sejauh ini, dari 21 penampilan di Liga Inggris musim ini, kiper 28 tahun itu kebobolan 24 kali dan mencetak 11 cleansheet. Ia berada di peringkat kedua total cleansheet, di bawah Ederson (Manchester City) yang mencatatkan 13 cleansheet. Sementara itu, Bernd Leno hanya punya 8 cleansheet.

Di sisi lain, Emiliano Martinez pun mencatatkan fakta unik dalam dua penampilannya melawan Arsenal, sejak resmi meninggalkan klub tersebut dan bergabung dengan Aston Villa. Sang penjaga gawang belum pernah kebobolan sekalipun dalam dua pertemuan antara kedua tim yang sudah terjadi di musim ini.

Di pertemuan pertama kedua tim pada 8 November lalu, Martinez mencatatkan cleansheet untuk membantu Aston Vila membekap Arsenal 3-0. Sementara itu, di pertemuan kedua yang baru saja berakhir, ia lagi-lagi mencetak cleansheet dan membantu The Villans menang 1-0.

Catatan ini pun seolah menjadikan Emiliano Martinez sebagai kryptonite alias kelemahan Arsenal. Situasi ini tentu saja terbilang miris mengingat The Gunners sendiri yang membentuknya menjadi kiper tangguh seperti sekarang.

Martinez diketahui meninggalkan akademi klub Argentina, Independiente, untuk bergabung dengan Arsenal pada 2010 lalu ketika berusia 18 tahun. Ia naik ke tim utama pada 2011/2012 meski akhirnya dipinjamkan ke Oxford United di League Two.

Debutnya bersama Arsenal baru terjadi pada musim 2012/2013 saat menghadapi Coventry City di ajang Piala Liga.

Secara total, selama 10 tahun berseragam Arsenal, Emiliano Martinez memang lebih sering dipinjamkan yakni hingga 6 kali ke 6 klub berbeda. Total penampilannya bersama The Gunners pun hanya 38 kali, dengan 23 kali di antaranya terjadi musim lalu ketika Leno cedera.

Namun, pengalamannya bersama Meriam London itulah, termasuk ketika dipinjamkan ke sejumlah klub dari kasta bawah Liga Inggris hingga ke LaLiga Spanyol, yang membentuk Emiliano Martinez menjadi kiper tangguh seperti sekarang.

Arsenal pun patut menyesal menjualnya di bursa transfer musim panas lalu, karena Martinez tak hanya terbukti menjadi kiper jempolan bagi Aston Villa, tapi juga bahkan menjadi kryptonite bagi Arsenal sendiri.