4 Pembelian Terbaik Liverpool di Bursa Transfer Januari

4 Pembelian Terbaik Liverpool di Bursa Transfer Januari

Terbaiknews - - Bursa transfer musim dingin Januari tahun ini resmi ditutup pada Senin (01/02/21) dinihari...

- Bursa transfer musim dingin Januari tahun ini resmi ditutup pada Senin (01/02/21) dinihari kemarin. Sejumlah klub banyak yang telah melakukan pembelian pemain baru guna menambah kekuatan tim di sisa musim ini.

Salah satunya adalah Liverpool. Tim besutan Jurgen Klopp itu aktif di bursa transfer jelang penutupan atau biasa disebut deadline day.

Hasilnya mereka membawa dua bek baru ke Stadion Anfeild. Mereka adalah Ben Davies dari Preston North End dan Ozan Kabak dari Schalke.

Davies dikontrak oleh kubu Merseyside Merah dengan biaya sebesar 500 ribu poundsterling dan angka tersebut bisa bertambah menjadi 2 juta pounds (sekitar Rp38 miliar.

Pihak klub juga tidak menyebut durasi kontrak Davies dan hanya menyatakan mempermanenkan pemain 25 tahun itu dalam jangka panjang.

Sedangkan Kabak bergabung dengan status pinjaman sampai akhir musim 2020-2021 ini, dengan opsi bisa dipermanenkan.

Bek tengah asal Turki itu akan mengenakan kostum bernomor punggung 19. Sementara untuk Ben Davies akan mengenakan kostum bernomor punggung 28.

Kehadiran dua bek tengah tersebut sekaligus menepati janji Jurgen Klopp yang berjanji untuk membawa pemain belakang baru di jendela transfer kali ini.

Sebab, Liverpool sedang membutuhkan pemain yang bisa bermain sebagai bek tengah karena cedera yang menimpa Virgil Van Dijk, Joel Matip, dan Joe Gomez.

Liverpool sendiri cukup sering mendatangkan pemain di bursa transfer musim dingin. Beberapa di antaranya mampu menunjukkan performa terbaiknya setelah datang ke klub pada pertengahan musim. Siapa saja mereka?

1. Philippe Coutinho

Philippe Coutinho didatangkan Liverpool dari Inter Milan pada Januari 2013, dengan biaya sebesar 8,5 juta poundsterling saja.

Pembelian tersebut dianggap cerdas karena membeli pemain muda potensial, namun juga dikritik lantaran performa Coutinho di Inter Milan tak berkembang.

Seiring berjalannya waktu, kemampuan Coutinho di Liverpool ternyata semakin bagus. Gelandang Brasil ini menjelma jadi pemain favorit publik Anfield.

Coutinho mencatatkan 54 gol dan 45 assist dari 201 penampilan bersama The Reds.

Namun, kebersamaan Philippe Coutinho bersama Liverpool berakhir pada 2018. Pemain 28 tahun itu memilih hengkang ke Barcelona.

2. Javier Mascherano

Javier Mascherano bergabung dengan Liverpool dari West Ham pada tahun 2007, usai penampilannya mencuat bersama Carlos Tevez di Liga Inggris.

Bersama Liverpool, nama Mascherano semakin meroket dan menjadi salah satu gelandang bertahan terbaik yang pernah dimiliki The Reds.

Performa terbaik Mascherano bersama Liverpool terjadi pada musim 2008/09. Ketika itu dia menjalin kombinasi yang bagus dengan Steven Gerrard dan Xabi Alonso.

Mascherano meninggalkan Liverpool pada tahun 2011. Dia mencatatkan 139 penampilan untuk The Reds sebelum hengkang ke Barcelona.

3. Luis Suarez

Luis Suarez datang dari Ajax Amsterdam karena Liverpool membutuhkan sosok striker baru untuk menggantikan Fernando Torres yang hengkang ke Chelsea pada Januari 2011.

Adaptasinya tidak membutuhkan waktu lama di Liverpool dan sepak bola Inggris, Suarez langsung menjelma jadi striker haus gol dan menjadi salah satu penyerang terbaik di Liga Inggris.

Bomber Uruguay itu mampu mencetak 82 gol dari 133 penampilan untuk The Reds. Tidak hanya mencetak gol, Suarez juga rajin membuat assist. Suarez mencatatkan 47 assist selama bermain bersama Liverpool.

4. Virgil van Dijk

Terakhir ada nama Virgil van Dijkyang merupakan pemain dengan pembelian paling sukses Liverpool di bursa transfer Januari.

Bek berpaspor Belanda tersebut diboyong Liverpool dari Southampton dengan mahar 85 juta euro dan menjadikannya sebagai bek termahal di dunia.

Merogoh kocek yang dalam ternyata tidak sia-sia dilakukan The Reds, sebab kehadiran Van Dijk di lini belakang membuat pertahanan mereka sulit dibobol lawan.

Hingga akhirnya Van Dijk menjadi salah satu pemain penting dalam usaha Liverpool meraih gelar juara Liga Inggris dan Liga Champions.

Dia sudah mencatatkan 130 penampilan untuk Liverpool dengan mencetak 13 gol dan 6 assist.