4 dari 5 Juara Bertahan Liga Elite Eropa Sudah Alami Kekalahan, Faktor Meremehkan?

4 dari 5 Juara Bertahan Liga Elite Eropa Sudah Alami Kekalahan, Faktor Meremehkan?

Terbaiknews - INDOSPORT.COM - Ada sebuah fakta menarik di mana 4 dari 5 juara bertahan liga-liga elite Eropa...

INDOSPORT.COM - Ada sebuah fakta menarik di mana 4 dari 5 juara bertahan liga-liga elite Eropa ternyata sudah alami kekalahan, faktor meremehkan?

Liga-liga elite Eropa yang meliputi Liga Inggris, Serie A Italia,LaLigaSpanyol,BundesligaJerman danLigue1 Prancis baru memulai kompetisinya. Akan tetapi tak sampai seperempat musim, dari 5 juara bertahan liga elite Eropa, sudah menelan kekalahan.

Keempat tim itu adalahLiverpool(juara Liga Inggris),BayernMunchen(juaraBundesligaJerman), Paris Saint-Germain(PSG, juaraLigue1 Prancis) dan Real Madrid (juaraLaLigaSpanyol). Praktis hanyaJuventussaja juara bertahan Serie A Italia yang masih nir kalah.

Akan tetapi di laga terakhir melawanCrotonepun,Juventussebenarnya nyaris kalah. Sebelumnya seperti yang kita tahu kalauLiverpooldibantaiAstonVilla dengan skor 2-7.

BayernMunchenjuga dibantaiHoffenheimdengan skor 1-4, Real Madrid baru saja dikalahkan 0-1 dariCadiz. Bahkan PSG sudah kalah dua kali dari Lens danMarseille.

Tentu ini menjadi sebuah fakta menarik di mana tak biasanya mayoritas juara bertahan dari liga elite Eropa sudah kalah sejak awal musim. Apakah ada faktor meremehkan dari mereka sang juara bertahan?

Rasanya, jawabannya tentu beragam, tapi satu hal yang menjadi analisis paling tepat adalah masapramusimterlalu singkat. Tak bisa dipungkiri akibat pandemi viruscorona, membuat klub-klub Eropa hanya memiliki waktu singkat memulai musim ini.

Rata-rata 5 liga elite Eropa hanya punya waktu istirahat kurang dari 2 bulan saja sejak musim lalu berakhir. Hal ini diyakini berdampak pada levelfitnessejumlah pemain bintang yang merasa waktu istirahatnya terlalu singkat.

Akibat dari levelfitnesatau kebugaran belum cukup membuat para pemain jadi rentan cedera. Korban terakhir tentu VirgilvanDijkyang harus istirahat dan melewatkan musim ini akibat cedera ACL.

Bukan faktor meremehkan tetapi kelelahan dan waktu istirahat membuat para pemain bintang ini jadi tak konsisten dan tak bisa maksimal. Hal itu membuatLiverpool,BayernMunchen, Real Madrid dan PSG langsung terseok sejak awal musim, apakahJuventusakan menyusul?