Timnas Indonesia U-19 Baru Persiapan Menyamaratakan Permainan kata Weshley Hutagalung

Timnas Indonesia U-19 Baru Persiapan Menyamaratakan Permainan kata Weshley Hutagalung

Terbaiknews - Weshley Hutagalung 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

, JAKARTA – Timnas Indonesia U-19 tengah menjalani pemusatan latihan di Kroasia yang dipimpin langsung oleh Shin Tae-yong.

Di Kroasia, Garuda Muda baru saja menjalani turnamen persahabatan dengan tiga negara; Kroasia, Bulgaria dan Arab Saudi.

Dalam turnamen tersebut, Indonesia takluk dari Bulgaria 3-0, kemudian kalah dari Kroasia 7-1 dan terakhir bermain imbang dengan Arab Saudi, 3-3.

Dari hasil itu tak sedikit publik sepakbola Indonesia yang merasa kecewa lantaran Indonesia mengalami dua kali kekalahan. Akan tetapi, pengamat sepak bola Indonesia, Weshley Hutagalung punya sudut pandang lain.

Ia tetap percaya pelatih asal Korea Selatan tersebut hanya butuh waktu untuk membuat David Maulana dkk. lebih baik lagi. Menurutnya hasil pertandingan di persiapan bukan lah jadi prioritas Shin Tae-yong.

“Persiapan kita bukan untuk lawan Kroasia, persiapan Timnas baru mau menyamaratakan permainan sepakbola anak-anak kita yang diinginkan oleh Shin Tae-yong,” kata Weshley kepada Tribunnews saat ditemui di Graha Bima Sakti, Pancoran, Jakarta, Selasa (16/9/2020).

“Nah coba kita lihat dari kacamata Shin Tae-yong. Jangan lihat dari kaca mata fans, publik yang inginnya menang terus. Ini kita masih proses persiapan,” sambungnya.

Memang Shin Tae-yong sendiri sebelum turnamen dimulai dirinya sudah mengatakan tak akan melihat hasil akhir, pasalnya ia baru memberikan program latihan saja dan lebih banyak ke penguatan fisik.

Weshley pun kembali mengingatkan bahwa target Indonesia yang sebenarya ada di Piala Dunia U-20 2021 yang dijadwalkan dihelat pada Mei.

Itu berarti Shin Tae-yong masih punya waktu enam bulan lebih dalam mempersiapkan Timnas Indonesia U-19.

“Shin tae-yong di timnas Korea juga gitu waktu mau piala dunia kan babak belur di persiapan mereka, tapi kan bukan itu yang diinginkan. Pas turnamen Piala Dunia baru hasil yang sebenarnya,” kata Weshley.

“Mari kita lihat persiapan ini dari sisi kepelatihan. Kita mau menang, okelah kemarin menang lawan Kroasia tapi babak belur di Piala Dunia, gimana. Jadi ya mending kalah sekarang baru di Piala Dunia (U-20) nanti target kita sebenarnya,” pungkasnya.