Terjun di Dunia Kepelatihan, Ini Harapan Mantan Bek Persib Usep Munandar

Terjun di Dunia Kepelatihan, Ini Harapan Mantan Bek Persib Usep Munandar

Terbaiknews - INDOSPORT.COM - Mantan pemain Persib BandungUsep Munandarmulai terjun ke dunia kepelatihan...

INDOSPORT.COM - Mantan pemain Persib Bandung, Usep Munandar, mulai terjun ke dunia kepelatihan dengan menjadi pelatih di salah satu sekolah sepak bola (SSB) yang ada di Kabupaten Bandung, setelah pensiun sebagai pesepak bola profesional.

Sebagai pelatih, Usep mengaku memiliki cita-cita yakni ingin mencetak pemain berkualitas di wilayah Bandung Raya khususnya Kabupeten Bandung, untuk sepak bola Indonesia.

Saat ini, Usep yang sudah mengantongi lisensi kepelatihan C AFC membagikan ilmu dan pengalamannya selama menjadi pemain sepakbola kepada anak didiknya di SSB Baraya Bhayangkara Kresna di Soreang.

"Ya harapan sebagai pelatih, semoga sepak bola Indonesia lebih baik banyak talenta muncul, tidak hanya kuat dari segi fisik tapi mental yang utama," kata Usep kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Meski belum lama terjun sebagai pelatih, Usep menilai Bandung Raya memiliki banyak pemain potensial. Ia berharap mereka bisa menjadi generasi penerus dan berkontribusi bagi sepak bola Indonesia.

"Potensi pemain di wilayah Bandung Raya bagus ada perkembangan, mudah-mudahan lebih baik lagi," harap Usep.

Saat menjadi pemain sepak bola Usep mengawali karier profesionalnya dengan memperkuat tim Barito Putera. Kemudian, ia bergabung dengan skuat Persib Bandung di Liga Indonesia (LI) X/2004.

Pria kelahiran Bandung, 17 Desember 1981 ini, gabung Persib di usianya yang masih cukup muda yakni 23 tahun. Saat itu, skuat Maung Bandung dilatih oleh pelatih asal Chile, Juan Antonio Paez.

Pada musim pertamanya, Usep sulit menembus skuat inti. Pasalnya, saat itu di lini pertahanan Persib dihuni Dadang Hidayat, Suwandi HS, dan Claudio Lizama.

Namun, pada musim selanjutnya yaitu LI XI/2005, Usep mulai mendapatkan tempat di skuat inti tim kebanggaan Bobotoh. Pada LI XII/2006, ia menjadi salah satu pemain yang tak tergantikan di lini belakang Persib.

Usep memutuskan untuk hengkang dari skuat Maung Bandung dan memilih memperkuat PSMS Medan pada LI XIII/2007.

Setelah itu, ia bergabung dengan beberapa klub lainnya di Indonesia di antaranya Persik Kediri, Persisam Samarinda, Persiba Balikpapan, Persekap Pasuruan, dan Borneo FC. Setelah musim 2017, ia memutuskan pensiun sebagai pemain sepak bola profesional di Kalteng Putra.

Selain memiliki banyak pengalaman memperkuat klub, selama berkarier sebagai pemain sepak bola profesional, Usep juga tercatat sempat memperkuat Timnas Indonesia U-23 dan Timnas Indonesia senior.

Berita dengan kategori