Seperti Pilkada, Satgas Covid-19 Perlu Protap untuk Bantu Perizinan Liga 1

Seperti Pilkada, Satgas Covid-19 Perlu Protap untuk Bantu Perizinan Liga 1

Terbaiknews - INDOSPORT.COM - Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana BNPB Berton Suar...

INDOSPORT.COM - Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana BNPB Berton Suar Panjaitan menyatakan bahwa Satuan Tugas Penanganan Covid-19 sepenuhnya mendukung gelaran Liga 1.

Lewat webinar SIWO PWI bertajuk Harapan Olahraga Indonesia di Tengah Pandemi, Rabu (03/02/21), seluruh stakeholder turut merumuskan jalan keluar bersama Menpora Zainudin Amali, KONI, serta perwakilan Polri.

"Kami dari Satgas Covid-19 mendukung penyelenggaraan kompetisi olahraga, asal seluruh prosesnya berjalan dengan baik," ungkap Berton Panjaitan.

"Hendaknya ada petunjuk teknis dalam pelaksanaannya, dan itu memang detail semua harus disampaikan sehingga seluruh cabang olahraga yang menyelenggarakan kompetisi memiliki standar," kata Berton menambahkan.

Berkaca dari Pilkada 2020, meski ada larangan keramaian dari Kepolisian RI, agenda ini bisa terlaksana karena Komisi Pemilihan Umum (KPU) memiliki prosedur tetap (protap) dan SOP yang baik.

"Buatkan pedoman teknis kompetisi yang bisa dilaksanakan seperti di Pilkada. Kita komunikasikan dengan Polri, jika aturannya sudah sesuai, nanti akan ada titik terangnya," ujar Berton.

"Pemerintah dalam hal ini KONI Pusat atau Kemenpora perlu mengeluarkan sebuah protap yang ketat untuk menyelenggarakan event olahraga. Ini perlu digodok bersama dengan gugus tugas," kata Berton.

Jika sudah ada standarnya, seluruh pihak bisa duduk bersama Polri untuk membuat kesepakatan terkait pelaksanaan kelanjutan kompetisi. Hal itu bisa menjadi titik terang soal nasib Liga 1 2021.

Baru-baru ini, PSSI juga memutuskan untuk menunda kongres tahunan dari Februari menjadi akhir Mei 2021 atau pasca lebaran Idul Fitri. Diprediksi kompetisi Liga 1 2021 juga akan digelar di bulan tersebut.