Garuda Muda Ingin Tentukan Nasib Sendiri

Garuda Muda Ingin Tentukan Nasib Sendiri

Terbaiknews - KEMENANGAN menjadi harga mati yang harus didapat timnas Indonesia U-22 saat menghadapi Laos dalam...

KEMENANGAN menjadi harga mati yang harus didapat timnas Indonesia U-22 saat menghadapi Laos dalam laga terakhir penyisihan Grup B cabang sepak bola. Tiga poin dalam pertandingan di Stadion Imus, Cavite Filipina, akan memastikan "Garuda Muda" melangkah ke semifinal tanpa harus bergantung pada laga Vietnam kontra Thailand.

"Para pemain sudah recovery setelah laga melawan Brunei dan siap untuk tampil melawan Laos. Kita akan menentukan sendiri nasib untuk melangkah ke semifinal dan tidak ingin bergantung kepada hasil pertandingan lain," kata pelatih timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, kemarin.

Dalam menghadapi Laos, peluang Indonesia untuk meraih kemenangan terbuka lebar. Di atas kertas, Egy Maulana Viktri dan kolega memiliki kekuatan di atas Laos.

Namun, Indra meminta para pemainya untuk tidak meremehkan kekuatan lawan. "Pemain harus tetap respek kepada Laos dengan tidak memandang remeh kekuatan mereka. Menghadapi Laos, saya meminta pemain untuk tidak banyak membuat kesalahan dan fokus pada permainan taktik dan strategi yang sudah disiapkan," tegas Indra.

Striker Indonesia Osvaldo Haay juga mengaku sangat siap untuk melawan Laos. Menurutnya, kemenangan atas Brunei memberikan energi baru bagi tim. "Mudah-mudahan kami juga bisa tampil lebih bagus dan memenangi pertandingan lawan Laos," kata pemain yang mencetak tiga gol saat melawan Brunei.

Hal senada juga diungkapkan Evan Dimas. Menurut Evan, semua pemain harus bermain tenang dan fokus pada taktik dan strategi tim. "Laos mungkin akan bermain bertahan," ujarnya.

Minimal menang 2-0

Di Grup B, selain Indonesia, Vietnam dan Thailand masih berpeluang lolos. Vietnam saat ini memimpin klasemen dengan poin 12, disusul Indonesia dengan poin 9 di peringkat kedua. Thailand berada di posisi ketiga dengan poin 9, tetapi kalah selisih gol dengan Indonesia.

Untuk memastikan langkah ke empat besar tanpa harus bergantung hasil laga Vietnam-Thailand, "Garuda Muda" minimal harus menang minimal dengan selisih dua gol. Hal itu diperlukan jika timnas harus bersaing dengan Vietnam memperebutkan posisi kedua. Dengan selisih gol 11, Indonesia terpaut dua gol dari Vietnam.

"Kalau ingin aman betul, kita harus menang lebih dari dua gol atas Laos karena Thailand dipastikan juga akan tampil habis-habisan untuk menundukkan Vietnam dan lolos ke semifinal," ucap Indra.

Pentingnya poin penuh dari Laos membuat Indra dipastikan akan memainkan skuad terbaik. Karena keharusan menang dengan skor minimal dua gol, tampil menyerang menjadi pilihan terbaik bagi pelatih yang pernah mempersembahkan gelar juara AFF U-19 pada 2013 itu.

Osvaldo yang kini bermain untuk Persebaya Surabaya tetap akan jadi tumpuan utama di lini depan. Di lini tengah, Indra akan menugasi Egy Maulana dan Saddil Ramdani memberikan suplai bola ke Osvaldo yang akan menjadi tombak tunggal.

Di sisi lain, jika hanya mampu bermain imbang dengan Laos, "Garuda Muda" tetap akan lolos jika Vietnam mampu menundukkan Thailand. Kekalahan dengan selisih satu gol dari Laos pun akan bisa mengantar Indonesia ke babak gugur jika Thailand menyerah dari Vietam juga dengan selisih satu gol. (R-1)

Source : https://mediaindonesia.com/read/detail/275713-garuda-muda-ingin-tentukan-nasib-sendiri