Cara Shin Tae-yong Menjaga Kebugaran Pemain Timnas Indonesia Selama Pemusatan Latihan

Cara Shin Tae-yong Menjaga Kebugaran Pemain Timnas Indonesia Selama Pemusatan Latihan

Terbaiknews - Pelatih Timnas IndonesiaShin Tae-yongsaat sesi latihan di Stadion MadyaJakartaSelasa,...

Bola.com, Jakarta - Menggelar pemusatan latihan Timnas Indonesia di masa pandemi virus corona tentu sangat berisiko. Namun, pelatih Shin Tae-yong punya cara khusus agar para pemainnya bisa tetap bugar selama mengikuti pemusatan latihan.

Selain penerapan protokol kesehatan, Shin Tae-yong juga meminta tim dokter dan ahli gizi untuk menjaga nutrisi para pemain Timnas Indonesia. Selain itu, pelatih asal Korea Selatan juga ingin para pemain mendapatkan penanganan tepat.

"Coach Shin Tae-yong agak ketat karena dia profesional. Mungkin, biasa di luar negeri jadi lebih ketat. Apalagi ini masa luar biasa, yakni masa pandemi," kata Dokter Timnas Indonesia, Ahmad Nizar.

"Intensitas latihan perlu diperhatikan. Misalnya sesi latihan dengan intensitas tinggi, diaÂingin proses recovery cepat. Jadi, tim medis akan massage pemain," tegas Ahmad Nizar.

Shin Tae-yong juga meminta agar nutrisi yang diberikan ke pemain tepat. Apalagi pada masa pandemi virus corona, masuknya nutrisi sangat penting untuk menjaga imunitas pemain.

"Nutrisi harus bagus karena imunitas tubuh sangat penting pada masa pandemi seperti ini. Kalau pemain Timnas Indonesia kelelahan, harus diatasi dengan massage dan nutrisi," ujar Ahmad Nizar.

Revive Adserver Asynchronous JS Tag - Generated with Revive Adserver v5.0.5 www.bola.com - Showcase
2 dari 3 halaman

Protokol Kesehatan Ketat

Serangkaian protokol kesehatan bakal diterapkan untuk memastikan seluruh pemain dalam kondisi aman dan terhindar dari COVID-19. Penyebabnya adalah Timnas Indonesia senior dan U-19 menggelar pemusatan latihan di tengah pandemi COVID-19.

Dokter Timnas Indonesia, Ahmad Nizar, mengaku sudah menyiapkan skenario penerapan protokol kesehatan yang dilakukan secara ketat. Langkah itu mulai diterapkan sejak di hotel, di lapangan tempat latihan, hingga kembali ke hotel lagi selama pemusatan latihan.

"Untuk penerapan protokol kesehatan COVID-19 itu kami akan melakukanÂrapid testÂper pekan secara berkala. Biasanya hitungan per 14 hari,ÂtapiÂkami tak ingin mengambil risiko dan akan melakukannya setiap 7 hari," kata Ahmad Nizar.

Selain itu, tim dokter juga aktif untuk memantau suhu tubuh pemain Timnas Indonesia. Pemeriksaan dilakukan selama tiga kali sehari ketika akan melakukan prosesi makan bersama.

"Kemudian yang lebihÂekstrem lagi, setiap jadwal makan kami sudah membagi tim untukÂmemeriksa pemainÂTimnas Indonesia denganÂthermo gunÂdan pengecekan penggunaanÂhand sanitizer," tegas Ahmad Nizar.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini