3 Target Terdekat Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia

3 Target Terdekat Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia

Terbaiknews - Manajer pelatih Timnas IndonesiaShin Tae-yongmengamati rumput lapangan saat atihan Timnas U-19...

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki agenda padat belakangan ini. Mulai dari adaptasi, TC di Thailand bersama Timnas Indoensia U-19, hingga meracik strategi baru untuk timnas di semua kelompok usia.

Terbaru, Shin tengah disibukkan dengan persiapan Kualifiasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Pelatih asal Korea Selatan itu telah memanggil 34 nama untuk pemusatan latihan.

Dari 34 nama tersebut, hanya lima pemain yang berusia 30 tahun ke atas. Kelima pemain tersebut adalah Fachruddin Aryanto yang berusia 30 tahun, Rizky Rizaldi Pora (30), Stefano Lilipaly (30), Irfan Bachdim (31), dan Ilija Spasojevic (32).

Shin terus melakukan upaya terbaik. Sebab, harapan pencinta sepak bola Indonesia tinggi terhadap mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu. Sejumlah fans menganggap, Shin memiliki semua komponen yang diperlukan timnas untuk terus berkembang.

Bukan hanya fans, rekam jejak Shin Tae-yong juga membuat PSSI tegas menjatuhkan pilihan kepada mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

"Saya tahu Asosiasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) tertarik dengan rekam jejak saya yang bisa masuk perempat final Olimpiade Rio (2016), perempat final Piala Dunia U-20 (2017), dan kemenangan atas Jerman di Piala Dunia (2018)," kata Shin.

Namun pembuktian itu tidak mudah. Shin harus pandai-pandai memilih strategi yang digunakan. Apalagi, target dekatnya saat ini terbilang cukup berat. Apa saja target terdekat Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia? Ini perinciannya.

Â

2 dari 4 halaman

1. Temukan Kiper Andalan

Sampai saat ini, Shin Tae-yong dikabarkan belum menemukan kiper andalannya untuk Timnas Indonesia. Oleh sebab itu, Shin bakal menggenjot empat kiper yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan di Stadion Madya, Jakarta, pada 14-23 Februari 2020.

Kiper yang bakal menunjukkan kualitasnya di hadapan pelatih Shin adalah Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta), Nadeo Argawinata (Bali United), Muhammad Riyandi (Barito Putera), dan Adi Satrio (PSMS Medan).

Posisi kiper memang sangat krusial bagi Timnas Indonesia. Dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia tak pernah merasakan clean sheet dalam lima pertandingan.

Gawang Timnas Indonesia kebobolan 16 kali. Sebanyak enam gol di antaranya terjadi saat gawang dikawal Andritany Ardhiyasa.Â

3 dari 4 halaman

2. Tampil Elegan di 3 Laga Sisa Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G

Target kedua Shin Tae-yong berhubungan dengan laga sisa Timnas Indonesia di Piala Dunia 2022. Lawan yang bakal dihadapi Skuat Garuda ialah Thailand, Uni Emirat Arab (UEA), dan Vietnam.

Timnas Indonesia memang tak punya kesempatan untuk lolos ke babak selanjutnya. Namun, PSSI meminta Shin dan penggawanya untuk tampil tidak memalukan dalam tiga laga sisa tersebut.

â&;&;Walau bisa dikatakan tidak ada harapan untuk maju ke babak berikutnya, paling tidak timnas jangan tampil memalukan,â&;&; ujar Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Sumantri.

4 dari 4 halaman

3. Matangkan Skuat

Shin Tae-yong juga harus segera mematangkan skuat racikannya, terutama untuk Timnas Indonesia senior.

Pasalnya, pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 kontra Thailand bakal digelar pada 26 Maret 2020. Itu artinya, Shin hanya memiliki waktu kurang lebih satu bulan untuk mematangkan skuat racikannya.

Sementara, duel kontra UEA bakal digelar lima hari berselang, dan partai pamungkas versus Vietnam dihelat pada 4 Juni. Dengan mematangkan komposisi skuat lebih dini, Shin Tae-yong bakal punya cukup waktu untuk mengasah kualitas dan skill pemain pilihannya itu.

Source : https://www.bola.com/indonesia/read/4179527/3-target-terdekat-shin-tae-yong-untuk-timnas-indonesia