Leipzig vs PSG, Adu Taktik Nagelsmann Lawan Tuchel

Leipzig vs PSG, Adu Taktik Nagelsmann Lawan Tuchel

Terbaiknews - Siaran LangsungRabu (18/6/2020) Pukul 02.00 WIBLisabonBeritasatu.com – Laga taktik dan...

Siaran Langsung, Rabu (18/6/2020) Pukul 02.00 WIB

Lisabon, Beritasatu.com – Laga taktik dan strategi diprediksi akan terjadi ketika klub Jerman, RB Leipzig melawan Paris Saint-Germain (PSG) di semifinal Liga Champions. Pelatih Leipzig, Julian Nagelsmann akan bertemu sosok yang bisa disebut sebagai gurunya, Thomas Tuchel.

Partai di luar prediksi ini akan digelar di Stadion da Luz, Lisabon, Portugal, Selasa (18/8/2020) atau Rabu dini hari WIB mulai pukul 02.00 WIB.

Nagelsmann bukan sosok asing bagi Tuchel. Keduanya pernah berada dalam satu tim yakni Augsburg sebagai pelatih dan pemain. Setelah Nagelsmann harus mengakiri karier akibat cedera, dia menunjuk Nagelsmann berada di tim pelatih sebagai "tim pengintai" untuk mengamati tim lawan yang akan mereka hadapi.

Pelatih yang sama-sama asal Jerman ini juga memiliki kesamaan unik yakni harus mengakhiri karier sebagai pemain secara prematur lantaran dihantam cedera.

Tuchel jelas lebih senior dibanding Nagelsmann. Namun dalam pertandingan nanti, mantan pelatih Borussia Dortmund itu tak bisa menganggap enteng taktik dan strategi lawannya yang lebih muda itu.

Nagelsmann adalah pelatih yang selalu memiliki ide berbeda demi menyesuaikan dengan calon lawannya. Dan itu diakui Tuchel.
"Kami tahu Leipzig mengubah taktik mereka dari pertandingan ke pertandingan. Mereka juga bisa beradaptasi di tengah pertandingan. Ini akan menjadi pertandingan yang sulit,” kata Tuchel.

Nagelsmann punya kesan tersendiri soal pertemuannya melawan Tuchel. "Pertandingan melawan (pelatih PSG) Thomas (Tuchel) selalu menarik karena dia memiliki ide bagus dalam menerapkan permainan,” papar pelatih yang baru berusia 33 tahun ini.

“Saya berharap juga bisa memiliki ide bagus untuk menghadapinya dan tim saya akan tampil seperti ketika menghadapi Atlético. Sebagai pelatih, saya sering melawan dia (di Bundesliga), namun jarang menang. Saya berharap itu akan berubah sekarang. Saya akan puas jika kami menang walaupun permainan kami buruk."

Leipzig tak akan diperkuat Ibrahima Konate dalam pertandingan melawan PSG. Hwang Hee-Chan dan Benjamin Henrichs telah bergabung dengan RB Leipzig, namun tak mungkin tampil dalam partai ini.

Nagelsmann kemungkinan akan menurunkan susunan starter yang sama ketika dengan ketika mereka menundukkan Atletico Madrid 2-1. Itu berarti Christopher Nkunku akan menghadapi tim yang pernah diperkuatnya.

Namun bisa jadi sang penentu kemenangan atas Atletico, Tyler Adams dipercaya menjadi starter. Sementara Patrik Schick juga bisa jadi turun sejak awal. Nordi Mukiele bisa menjadi opsi jika Nagelsmann ingin menerapkan tiga pemain di lini pertahanan.

Di kubu PSG, Keylor Navas diragukan tampil lantaran cedera paha yang membuatnya harus keluar lapangan saat menang 2-1 atas Atalanta. Thomas Tuchel akan menggantikan posisinya sebagai kiper utama dengan Sergio Rico.

Marco Verratti juga masih terus dipantau kondisinya lantaran cedera. Namun Layvin Kurzawa dipastikan absen.
Thomas Tuchel baru memasukkan Kylian Mbappe pada menit ke-60 saat melawan Atalanta. Namun di semifinal ini dia berpeluang besar bermain sejak menit pertama.

Angel Di Maria sudah bisa dimainkan setelah harus absen satu pertandingan. Tuchel memiliki opsi memainkan pola 4-2-2-2 dengan menurunkan pemain Argentina ini dan Neymar di belakang Mbappe dan Mauro Icardi.

Bisa juga dia akan menerapkan formasi 4-4-2, dengan memasang Mbappe dan Mauro Icardi sebagai duet striker. Sementara Neymar dan Angel Di Maria menjadi pemain sayap di lini tengah. Jantung barisan gelandang akan diisi duet Marquinhos dan Leandro Paredes.

Dua bek Thiago Silva dan Presnel Kimpembe akan berjaga di lini pertahanan dibantu Thilo Kehrer di sisi kanan dan Juan Bernat di sisi kiri.

RB Leipzig sangat mungkin membuat repot PSG. Namun dengan pengalaman tim dan pelatih Tuchel, tampaknya mereka lebih berpeluang untuk tampil di laga pemungkas

Kemungkinan Susunan Pemain
RB Leipzig (3-4-3)
Kiper: Peter Gulácsi
Belakang: Lucas Klostermann, Dayot Upamecano, Marcel Halstenberg
Tengah: Konrad Laimer, Kevin Kampl, Marcel Sabitzer, Angeliño
Depan: Dani Olmo, Yussuf Poulsen, Christopher Nkunku
Pelatih: Julian Nagelsmann

Paris Saint-Germain (4-4-2)
Kiper: Sergio Rico
Belakang: Thilo Kehrer, Thiago Silva, Presnel Kimpembe, Juan Bernat
Tengah: Angel Di María, Marquinhos, Leandro Paredes, Neymar
Depan: Kylian Mbappé, Mauro Icardi
Pelatih: Thomas Tuchel

Lima Pertandingan Terakhir RB Leipzig
18/06/20 Bundesliga RB Leipzig 2-2 Fortuna Dusseldorf
20/06/20 Bundesliga RB Leipzig 0-2 Borussia Dortmund
27/06/20 Bundesliga Augsburg 1-2 RB Leipzig
30/07/20 Uji Coba RB Leipzig 1-1 Wolfsburg
14/08/20 Bundesliga RB Leipzig 2-1 Atletico Madrid

Lima Pertandingan Terakhir Paris Saint-Germain
22/07/20 Uji Coba PSG 4-0 Celtic
25/07/20 Piala Prancis PSG 1-0 Saint-Etienne
01/08/20 Piala Liga PSG P 0-0 Olympique Lyonnais
06/08/20 Uji coba PSG 1-0 Sochaux
13/08/20 Liga Champions Atalanta 1-2 PSG

Head to Head
18/07/14 Uji Coba RB Leipzig 4-2 Uji Coba


Sumber: UEFA
Leipzig vs PSG Champions