Hajar Leipzig, PSG Melaju ke Final Liga Champions

Hajar Leipzig, PSG Melaju ke Final Liga Champions

Terbaiknews - LisabonBeritasatu.com - Paris Saint-Germain (PSG) melaju ke final Piala Liga Champions setelah...

Lisabon, Beritasatu.com - Paris Saint-Germain (PSG) melaju ke final Piala Liga Champions setelah menghajar RB Leipzig 3-0 pada partai semifinal, Selasa (18/8/2020) atau Rabu dini hari WIB di Stadion Da Luz, Lisabon, Portugal.

Gol yang membawa PSG unggul dilesakkan Marquinhos pada menit ke-13, Angel Di Maria pada menit ke-42, serta Juan Bernat pada menit ke-56.

Di final yang akan digelar Minggu (23/8/2020), PSG akan menghadapi pemenang semifinal lainnya, yakni antara Olympique Lyon melawan Bayern Muenchen yang digelar Kamis dini hari WIB. PSG mencatat sejarah karena inilah untuk pertama kalinya mereka lolos ke final Liga Champions sejak klub didirikan 50 tahun silam.

Pelatih RB Leipzig, Julian Nagelsmann, mengusung formasi 3-4-2-1. Dia menempatkan Yussuf Poulsen sebagai ujung tombak. Dia ditopang Dua pemain Daniel Olmo dan Christopher Nkunku.

Empat pemain di lini tengah adalah Angelino, Marcel Sabitzer, Kevin Kampl, Konrad Laimer. Di lini pertahanan Nagelsmann memakai tiga bek yakni Nordi Mukiele, Dayot Upamecano, dan Lukas Klostermann. Kiper dipercayakan kepada Peter Gulacsi.

Pelatih Paris Saint-Germain (PSG), Thomas Tuchel, ternyata tak menurunkan salah satu bintangnya di lini depan Mauro Icardi sebagai starter dalam semifinal Liga Champions melawan RB Leipzig, Rabu dini hari WIB. Di barisan penyerang, Tuchel, menurunkan trio Angel Di María, Kylian Mbappe dan Neymar.

Hajar Leipzig, PSG Melaju ke Final Liga Champions

Neymar (kanan) saat mencoba melewati pemain RB Leipzig, Dayot Upamecano. (Foto: AFP)

Icardi sebenarnya diprediksi akan turun sebagai starter. Performanya sejak dipinjamkan oleh Inter, sama sekali tak mengecewakan. Musim ini dia telah mencetak 12 gol di Ligue 1 dan di Liga lima gol di Liga Champions.

Saat laga baru dimulai, Neymar nyaris membobol gawang pada menit ketujuh. Setelah mendapatkan sodoran dari Mbappe, dia mencoba memperdaya kiper. Namun tendangannya mengenai mistar.

Tak lama kemudian PSG sebenarnya membobol gawang Leipzig, namun wasit menganggap Neymar melakukan handball ketika menahan tendangan kiper Peter Gulacsi.

PSG akhirnya unggul atas RB Leipzig pada menit ke-13. Gol yang membawa PSG memimpin dilesakkan Marquinhos pada menit ke-13.

Gol bermula dari tendangan bebas yang dieksekusi Angel Di Maria. Bola umpannya di depan gawang langsung disundul Marquinhos dan memperdaya kiper Peter Gulacsi.

Menit ke-24, Poulsen nyaris mencetak gol balasan. Namun tendangan kaki kanannya hanya lewat di sisi kiri gawang PSG yang dijaga Sergio Rico.

Menit ke-34, saat PSG mendapat tendangan bebas dari jarak jauh, Neymar ternyata langsung mengarahkan bola ke gawang. Dia hampir menambah keunggulan jika saja bola tak mengenai tiang kiri gawang Leipzig.

Hajar Leipzig, PSG Melaju ke Final Liga Champions

Angel Di Maria (kiri) dan Neymar merayakan gol. (Foto: AFP)

PSG tetap mendominasi penguasaan bola setelah mencetak gol. Mereka akhirnya menambah keunggulan pada menit ke-42, melalui gol yang dicetak Angel Di Maria.

Angel Di Maria mencetak gol setelah memanfaatkan sodoran yang dikirim Neymar. Menggunakan kaki kiri, Di Maria kemudian memperdaya kiper. Skor 2-0 untuk keunggulan PSG tak berubah hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Leipzig berupaya untuk bangkit. Nagelsmann mengganti dua pemainnya yakniChristopher Nkunku oleh Emil Forsberg sertaDaniel Olmo oleh Patrik Schick.

Paris Saint-Germain (PSG) menambah keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-56. Gol yang membawa PSG unggul 3-0 dilesakkan Juan bernat pada menit ke-56.

Gol berawal kesalahan bek Leipzig, Nordi Mukiele yang terjatuh ketika menguasai bola. Bola yang lepas kemudian dimanfaatkan Angel Di Maria untuk memberi umpan. Sodoran pemain Argentina ini disambut Juan Bernat dengan sundulan yang kembali membobol gawang Leipzig.

Wasit sempat meminta pertimbangan video assistant referee (VAR) untuk memastikan terjadinya gol. Gol dinyatakan sah dan PSG pun unggul 3-0.

Hajar Leipzig, PSG Melaju ke Final Liga Champions

Pelatih PSG, Thomas Tuchel. (Foto AFP)

Leipzig berusaha membuat gol balasan. Namun tangguhnya lini pertahanan PSG membuat klub Jerman berusia 10 tahun ini kesulitan. Mbappe nyaris mencetak gol untuk PSG pada menit ke-70. Namun bola sundulannya tak menemui target.

Memanfaatkan umpan Di Maria, Leandro Paredes mendapatkan peluang. Namun tendangan kaki kanannya berhasil diselamatkan kiper.

Melawan PSG, permainan Leipzig memang jauh di bawah performa terbaik mereka. Permainan penuh determinasi yang mereka tunjukkan seperti ketika menundukkan Tottenham Hotspur atau Atletico Madrid tak muncul.

Di sisi lapangan, pelatih Leipzig, Julian Nagelsmann, terlihat frustasi setelah timnya tertinggal 0-3. Memasuki menit-menit terakhir, Leipzig memang menguasai bola namun tak mampu menembus pertahanan lawannya.

Hingga pertandingan usai, skor 3-0 untuk keunggulan PSG tak berubah. Pasukan Tuchel pun akan tampil di babak final untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Susunan pemain:

RB Leipzig (3-4-2-1): 1 Peter Gulacsi; 22 Nordi Mukiele, Dayot Upamecano,16 Lukas Klostermann (4 Willi Orban 83); 3 Angelino, 7 Marcel Sabitzer, 44 Kevin Kampl (14 Tyler Adams 64), 27 Konrad Laimer (23 Marcel Halstenberg 62); 25 Daniel Olmo (21 Patrik Schick 45), 18 Christopher Nkunku (10 Emil Forsberg 45); 9 Yussuf Poulsen.

PSG (4-3-3): 16 Sergio Rico; 4 Thilo Kehrer, 2 Thiago Silva, 3 Presnel Kimpembe, 14 Juan Bernat; 21 Ander Herrera (6Marco Verratti 83), 5 Marquinhos, 8 Leandro Paredes (23 Julian Draxler 83); 11 Ángel Di María, 7 Kylian Mbappe, 10 Neymar.


Sumber: UEFA
Leipzig vs PSG Champions