Wamendes Budi Arie: UMKM Dapat Pulihkan Kembali Ekonomi Indonesia di Tengah Wabah Covid-19

Wamendes Budi Arie: UMKM Dapat Pulihkan Kembali Ekonomi Indonesia di Tengah Wabah Covid-19

Terbaiknews - Wakil Menteri DesaPembangunan Daerah Tertinggaldan Transmigrasi (PDTT) Budi Arie Setiadi berbincang dengan kru redaksi Tribunnews di PalmerahJakartaKamis (16/7/2020). TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

, JAKARTA - Pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), disebut mampu membawa ekonomi Indonesia lebih maju di tengah wabah Covid-19.

Menurut Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi, menyebutkan produk UMKM ini dapat menjadi kunci pemulihan ekonomi Indonesia di Indonesia.

Ia menyebutkan, karena dampak Covid-19 ini tidak terlalu besar untuk para pengusaha UMKM di daerah ataupun di desa-desa.

"Saya optimis bahwa Indonesia bisa kembali pulih dan maju, melalui para pengusaha UMKM di daerah ini," ucap Budi dalam webinar Sonora FM, Sabtu (25/7/2020).

Budi juga menyebutkan, dengan melakukan optimalisasi ekonomi terhadap UMKM dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dapat pula mensejahterakan masyarakat di daerah.

"Maka dari itu pemerintah menggencarkan Bumdes ini untuk masyarakat di daerah. Bumdes ini tentunya bukan hanya soal profit, tapi juga benefitnya harus ada untuk daerah tersebut," kata Budi.

Terkait dampak Covid-19, Budi mengungkapkan, di desa dampak wabah ini hanya 1 persen saja dan yang justru terdampak besar adalah wilayah perkotaan.

"Tetapi bukan berarti terdampak, beberapa terdampak seperti nelayan yang saat ini harga satu kilo ikan yang turun drastis karena demand yang berkurang," ucap Budi.

Untuk mendukung ekonomi desa ini maju, Budi juga menjelaskan, harus adanya infrastruktur yang memadai seperti internet, layanan transportasi logistik dan platform digital.

"Ketiga unsur ini dapat membuat UMKM dan Bumdes mampu menembus ekosistem ekonomi digital, sehingga dapat berkembang dan maju," kata Budi.