Tesla Buka Lowongan Kerja untuk Posisi Kepala Desain, Ini Kriterianya

Tesla Buka Lowongan Kerja untuk Posisi Kepala Desain, Ini Kriterianya

Terbaiknews - JakartaIDN Times – Perusahaan mobil listrik Tesla sedang mencari direktur desain di...

Jakarta, IDN Times – Perusahaan mobil listrik Tesla sedang mencari direktur desain di Tiongkok. Langkah itu sejalan dengan rencana perusahaan untuk membuka studio fungsi penuh (full-function) di Shanghai atau Beijing dan rencana untuk merancang mobil listrik yang sesuai dengan selera konsumen Tiongkok, menurut tiga orang yang mengetahui masalah tersebut.

“Manajer sumber daya pembuat mobil Amerika Serikat (AS) itu, serta beberapa pencari kandidat, telah mencari di industri selama empat bulan terakhir,” kata sumber tersebut, menurut Channel News Asia, Senin (11/1/2021).

1. Kriteria kandidat

Tesla Buka Lowongan Kerja untuk Posisi Kepala Desain, Ini KriterianyaIlustrasi mobil listrik Tesla (www.tesla.com)

Menurut sumber, perusahaan mencari kandidat yang memiliki dua budaya (bi-cultural) dengan pengalaman 20 tahun atau lebih. Orang tersebut juga harus akrab dengan selera Tiongkok dan dapat menjembatani kesenjangan antara Tiongkok dan Amerika Serikat, tambah mereka.

“Beberapa kandidat telah diwawancarai oleh kepala desain global Tesla, Franz von Holzhausen,” menurut sumber tersebut.

Mereka tidak merinci berapa banyak kandidat potensial yang telah didekati oleh perusahaan dan perekrut. Menurut Reuters, ketiga sumber tersebut hanya mengatakan Tesla telah membuka lowongan direktur studio Tiongkok itu sejak sekitar bulan September.

2. Pasar mobil terbesar

Tesla Buka Lowongan Kerja untuk Posisi Kepala Desain, Ini KriterianyaANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Tiongkok adalah pasar mobil terbesar di dunia, dan pasar terbesar bagi kendaraan serba listrik. Volume penjualan di negara ini diperkirakan mencapai sekitar 1,5 juta kendaraan tahun ini, menurut konsultan LMC Automotive. Di sisi lain, Tiongkok juga merupakan pasar No. 2 Tesla setelah Amerika Serikat.

Salah satu sumber, yang memiliki pengetahuan tentang aktivitas pencarian kandidat Tesla di Tiongkok, mengatakan bahwa begitu direktur desain dipekerjakan, Tesla akan merekrut tim direktur yang kemungkinan akan berjumlah sekitar 20 orang dan termasuk desainer plus pemodel yang membantu mengubah rendering desain menjadi model tanah liat untuk body mobil.

3. Target penjualan

Tesla Buka Lowongan Kerja untuk Posisi Kepala Desain, Ini KriterianyaCEO Tesla, Elon Musk (www.instagram.com/@elonmusk)

Sebelumnya pada awal tahun, pendiri dan bos Tesla Elon Musk telah menyinggung kabar pencarian kandidat tersebut.

“Saya pikir sesuatu yang akan sangat keren adalah ... membuat pusat desain dan teknik China untuk benar-benar merancang mobil asli di China untuk konsumsi di seluruh dunia. Saya pikir ini akan sangat menarik,” katanya pada acara media di Shanghai.

Ketertarikan Musk dalam mengembangkan mobil di Tiongkok adalah bagian dari target besar Tesla untuk meningkatkan volume penjualan global perusahaan jauh melampaui angka 500 ribu kendaraan per tahun.

Pada 2020, angka penjualan hampir mencapai target itu, yaitu hanya kurang 450 unit dari setengah juta target.