Seberapa Pentingkah Perhitungan Price to Earning Ratio (PER) dalam Analisis Suatu Investasi?

Seberapa Pentingkah Perhitungan Price to Earning Ratio (PER) dalam Analisis Suatu Investasi?

Terbaiknews - Oleh : Putu ApriantiProdi Akuntansi FEB Unmas DenpasarSetiap investor di pasar modal akan dihadapkan...

Oleh : Putu Aprianti

Prodi Akuntansi FEB Unmas Denpasar

Setiap investor di pasar modal akan dihadapkan sebuah pilihan dalam memilih saham perusahaan mana yang akan dipilih. Banyaknya pilihan membuat investor harus semakin jeli dalam memilih saham dengan harapan dana investasi saham tersebut akan mengalami kenaikan sesuai dengan expected return investor tersebut. Dalam hal ini, terdapat banyak strategi investasi yang bisa dipilih investor dalam memilih saham. Dari sekian banyak rumus dan strategi yang bisa digunakan ada beberapa rumus dasar yang bisa digunakan dalam menentukan pilihan investasi tersebut. Salah satunya rumus tersebut adalah Price to Earning Ratio (PER). Sebelum membahas lebih lanjut, sebenarnya apa sih Price to Earning Ratio (PER) itu?

Price to Earnings Ratio atau PER adalah rasio valuasi saham dengan mengukur hubungan harga saham dengan laba per lembar saham (Earning per Share/ EPS). Rumus PER dalam investasi saham biasanya digunakan untuk membandingkan dua atau lebih perusahaan sejenis.

Terdapat dua komponen yang digunakan dalam perhitungan Price to Earnings Ratio (PER), yaitu harga saham per lembar (closing price) dan laba per saham (Earnings per Share). Dari kedua komponen tersebut, dibuatlah perhitungan PER sebagai berikut:

Price to Earnings Ratio (PER) = Harga Saham per Lembar / Laba per Saham (EPS)

Lalu, bagaimana cara menghitung Price to Earnings Ratio (PER) suatu saham? Sebagai contoh kita ilustrasikan ada dua perusahaan sejenis yang berstatus sebagai perusahaan terbuka atau perusahaan Tbk., yaitu Perusahaan AB dan Perusahaan ABC.

Perusahaan ini menjalankan kegiatan di subsektor yang sama, namun harga saham per lembar dan laba per saham dari Perusahaan AB dan Perusahaan ABC berbeda. Berikut ini adalah perbedaan harga saham dan EPS dari kedua perusahaan tersebut.

Perusahaan AB

Perusahaan ABC

Harga saham (closing price)

VIDEO PILIHAN