Penyaluran KPR BNI Tumbuh 5,6% di Kuartal II-2020

Penyaluran KPR BNI Tumbuh 5,6% di Kuartal II-2020

Terbaiknews - JakartaBeritasatu.com - Pertumbuhan kredit kepemilikan rumah (KPR) PT Bank Negara Indonesia...

Jakarta, Beritasatu.com - Pertumbuhan kredit kepemilikan rumah (KPR) PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) pada kuartal II-2020 capai 5,6 persen dengan portofolio Rp 44,8 triliun dan pangsa pasar sebesar 9 persen dari total KPR nasional.

Layanan Remitansi Mobile BNI Tumbuh Pesat

Adapun pada pandemi Covid-19 mulai merebak di awal Maret 2020, pertumbuhan industri KPR di bulan April turun 0,13 persen bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Penjualan properti pada kuartal I-2020 juga mengalami penurunan yang cukup signifikan yakni 43,18 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019. Penurunan penjualan ini terjadi di seluruh tipe rumah. Di mana, pada periode tersebut konsumen yang menggunakan KPR dalam pembelian residensial mencapai 74,74 persen.

Sedangkan harga properti di pasar primer pada kuartal I tahun 2020 terjadi perlambatan. Hal ini terlihat dari indeks harga properti residensial (IHPR) yang menurun -1,68 persen dibandingkan dengan kuartal IV tahun 2019 yang mencapai -1,77 persen. Perlambatan ini diperkirakan akan berlanjut pada kuartal II-2020.

Sektor Perumahan Dorong Pemulihan Ekonomi

Direktur Konsumer BNI Griya, Corina Leyla Karnalies mengatakan, untuk lebih menggairahkan pasar properti khususnya yang menyasar anak muda, pihaknya melakukan serangkaian inovasi pada Griya BNI antara lain dengan digitalisasi pengajuan KPR secara online melalui BNI Griya e-form yang bisa diakses lewat web BNI, mobile banking atau lewat media partnerBNI.

"Mengingat kaum milenial di Indonesia saat ini mencapai 90 juta dengan rentang usia 18-35 tahun atau 33 persen dari total penduduk Indonesia yang ingin membeli rumah pertama, membuat BNI turut serta untuk memenuhi kebutuhan pasar tersebut dengan menyelenggarakan BNI Griya Expo online,” ujar Corina dalam konferensi pers virtual, di Jakarta, Kamis (23/7/2020).

Pameran yang digelar secara online ini, jelas Corina, berlangsung dari tanggal 17 Juli hingga 17 Agustus 2020. Melalui program ini, ditawarkan cicilan ringan dengan opsi bayar bunga saja hingga 2 tahun, suku bunga khusus mulai 1 persen pa efektif fixed 1 tahun, diskon provisi hingga 74 persen.

BNI Dukung Kemudahan Bisnis 400 Investor Jepang

Selain itu, suku bunga menarik mulai dari 4,74 persen pa efektif fixed 1 tahun, dan 6,74 persen fixed 2 tahun berikutnya. Lalu, opsi grace period untuk pembayaran angsuran maksimal 2 tahun dan cicilan suka suka dan tenor hingga 30 tahun.

Menurut Corina, kaum milenial yang berpenghasilan minimal Rp 2 juta per bulan sudah bisa memanfaatkan program ini. Diikuti syarat mengisi formulir dan menyertakan dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, NPWP, Surat Pemesanan Rumah (SPR), copy Kartu Keluarga dan surat nikah.

"Pameran ini bekerja sama dengan rumah.com, menghadirkan 59 grup pengembang mitra BNI dengan total 158 proyek perumahan di seluruh Indonesia," pungkas Corina.


Sumber: BeritaSatu.com