Pabrik Masker Bakal Dibangun di Brebes

Pabrik Masker Bakal Dibangun di Brebes

Terbaiknews - Foto: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (Angling/detikcom)
Semarang -

Pabrik masker akan dibangun di Brebes untuk memenuhi kebutuhan di tengah merebaknya corona (covid-19). Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan saat ini masker menjadi salah satu benda yang dibutuhkan karena perdaran di pasar sudah jarang. Maka dalam waktu dekat akan dibangun pabrik masker di Jateng.
"Akan dibangun di Brebes dan saat ini masih proses perizinan," kata Ganjar, Rabu (18/3/2020).
Ganjar juga mendorong produksi alkohol di pabrik di Wonogiri agar meningkatkan produksi hingga 3 juta liter per hari untuk memenuhi kebutuhan pembuatan hand sanitizer.
"Nanti akan produksi sampai 3 juta liter. Karena kita perlu hand sanitizer yang selama ini produksinya terbatas," tegasnya.


Politisi PDIP itu juga melihat kreasi perguruan tinggi dan SMK yang membuat alkohol dicampur tumbuhan yang mudah ditemui. Ia berharap hal itu bisa dimanfaatkan.
"Ada temuan menarik dari perguruan tinggi, juga anak SMK yang menggunakan dari berbagai bahan, itu juga bisa sebenarnya," ujar Ganjar.
Ganjar juga mengatakan masih butuh banyak alat pelindung diri (APD) dan Virus Media Transfer (VTM) dalam penanganan Covid-19. Maka saat ini dirinya masih mencari siapa yang bisa memproduksi.
"Kita lagi cari siapa yang bisa produksi (APD dan VTM). Kita sudah meminta untuk mendata. Kita akan paksa untuk produksi lebih banyak," katanya.
Ia menegaskan cara-cara tersebut seperti yang dilakukan oleh Korea Selatan dalam menghadapi corona yaitu dengan meningkatkan produksi barang atau bahan yang dibutuhkan.
"Pengalaman di Korea, maskernya sehari diproduksi 10 juta, dinaikkan 14 juta per hari dan harus. Kita mesti tiru itu. Dan ini kesempatan bangsa ini mandiri. Ini kesempatan bangsa ini berdikari," tutur Ganjar.


Simak Video "Kapan Waktu yang Baik untuk Gunakan Masker?"
[Gambas:Video 20detik]
(alg/hns)
maskerpabrik maskercoronavirus coronabirojatengdiy