Menteri: Banyuwangi miliki skenario jelas pengembangan pariwisata

Menteri: Banyuwangi miliki skenario jelas pengembangan pariwisata

Terbaiknews - Pariwisata harus punya strategi seperti yang dilakukan Banyuwangi ini. Bagaimana memberdayakan dan...
Pariwisata harus punya strategi seperti yang dilakukan Banyuwangi ini. Bagaimana memberdayakan dan menggerakkan rakyat untuk menggeliatkan sektor wisata, bagaimana pariwisata ini bisa berdampak ke warganya....
Banyuwangi (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengapresiasi apa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dalam mengembangkan sektor wisatadengan melibatkan masyarakat serta memiliki skenario jelas.
"Pariwisata harus punya strategi seperti yang dilakukan Banyuwangi ini. Bagaimana memberdayakan dan menggerakkan rakyat untuk menggeliatkan sektor wisata, bagaimana pariwisata ini bisa berdampak ke warganya. Setiap daerah harus punya strategi pengembangan pariwisata seperti Banyuwangi, jadi bukan hanya punya destinasi lalu promosi dan selesai," kata Menteri Wishnutama dalam keterangan tertulis Pemkab Banyuwangi, Kamis.

Menteri Pariwisata Wishnutama mengapresiasi Banyuwangi dengan mewujudkan pengucuran program yang dapat mengakselerasi sektor wisata daerah, salah satunya melakukan revitalisasi fasilitas di tempat wisata atau amenitas di sejumlah titik objek wisata di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.
"Beberapa dukungan yang akan kami lakukan di Banyuwangi, yaitu revitalisasi amenitas di sejumlah tempat, di antaranya Agro Wisata Tamansuruh, Pantai Grand Watudodol, Pantai Pulau Merah, Alas Purwo dan Bangsring Underwater," ujarnya saat kunjungan kerjanya di Banyuwangi, Rabu (29/7) malam.

Wishnutama menyampaikan akan mendukung Banyuwangi, termasuk membantu menyediakan fasilitas untuk menciptakan wisata yang bersih, sehat, dan aman agar bisa tetap produktif serta aman dari COVID-19.
"Pemulihan sektor wisata akan kembali membuka lapangan pekerjaan," ujarnya.
Informasi dari Pemkab Banyuwangi, dengan protokol kesehatan ketat, objek dan desa wisata di daerah itu kini mulai banyak dikunjungi wisatawan dan okupansi hotel serta homestay mengalami peningkatan. Pelaku UMKM dan olahan pangan juga mulai menerimabanyak pesanan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi bersama rombongan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.