Menperin upayakan SDM industri akselerasi kemampuan di Apple Academy

Menperin upayakan SDM industri akselerasi kemampuan di Apple Academy

Terbaiknews - Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengupayakan agar Sumber Daya...

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengupayakan agar Sumber Daya Manusia (SDM) sektor industri dapat mengakselerasi kemampuan dibidang digital dengan turut mengikuti program pembelajaran intensif di Apple Academy.
“Jadi, kami sudah minta kepada Apple Academy untuk mengalokasikan sekian persen dari rekrutmen siswa di sini untuk pegawai atau pekerja yang ada di industri,” kata Menperin usai mengunjungi kampus Apple Academy di BSD City, Tangerang, Banten, Kamis.
Menperin menyampaikan, Pemerintah Indonesia tengah mewujudkan program Making Indonesia 4.0 pada April 2018 sebagai komitmen untuk mengimplementasikan revolusi industri 4.0.

Namun, Menperin melihat bahwa pemberlakuan program tersebut masih jauh api dari panggang, karena banyak perusahaan industri yang belum mempunyai keterpanggilan untuk menerapkan teknologi-teknologi tinggi dalam proses produksinya.
“Kenapa kami terus mendorong, tentu karena kami sangat yakin bahwa dengan menerapkan digitalisasi, tentu perusahaan-perusahaan industri bisa lebih efisien. Tujuan akhirnya adalah supaya mereka mempunyai daya saing yang lebih kuat,” ujar Agus.
Untuk itu, berbagai cara untuk mendorong daya saing industri terus digencarkan Kemenperin, salah satunya adalah dengan menambah keahlian dibidang digitalisasi kepada SDM industri.

Diharapkan, setelah lulus dalam program besutan teknologi asal Amerika Serikat tersebut, para SDM industri dapat kembali ke perusahaannya masing-masing berbekal kemampuan yang meningkat.
Sehingga, dapat memberikan inovasi dan keahlian untuk mewujudkan revolusi industri 4.0 di perusahaan tempat mereka bekerja.
“Kami harapkan Apple Academy bisa membantu bagaimana industri bisa lebih jauh menginplementasikan apa yang disebut dengan revolusi industri 4.0,” pungkas Menperin.
Diketahui, Apple Academy merupakan program intensif dari Apple.Inc selama 10 bulan, yang dapat diikuti oleh khalayak umum setelah lulus dalam seleksi yang digelar setahun sekali.
Menariknya, program ini tidak dipungut biaya apapun, sehingga siswa yang dinyatakan lulus dapat langsung mengikuti pembelajaran bermodal komitmen waktu untuk datang ke kampus Apple Academy.
Hingga saat ini, Apple Academy memiliki tiga kampus, yakni di Tangerang, Banten; Surabaya; dan Batam.