konsep tujuan produksi berbagai ahli

konsep tujuan produksi berbagai ahli

Terbaiknews - tujuan umum produksi itu sendiri yaitu untuk memperoleh laba.Tujuan produksi adalah menciptakan...

tujuan umum produksi itu sendiri yaitu untuk memperoleh laba.Tujuan produksi adalah menciptakan kemaslahatan atau kesejahteraan individu dan kesejahteraan kolektif. Setiap orang harus bekerja secara maksimal dan optimal, sehingga tidak hanya dapat mencukupi dirinya sendiri tetapi harus dapat mencukupi kebutuhan anak dari keluarganya. Hasil yang dimakan oleh dirinya sendiri dan keluarganya oleh alloh dihitungkan sebagai sedekah, sekalipun itu sebagai kewajiban. Ini menunjukan betapa mulianya harga sebuah produksi apalagi jika sampai memperkerjakan karyawan yang banyak sehingga mereka dapat menghidupi keluarganya.
ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang pengusaha agar berhasil diantaranya :
1).perencanaan,
2).pengorganisasian,
3).pengarahan
4). dan pengendalian.
Seorang Âpengusaha muslim terikat oleh beberapa aspek dalam melakukan produksi antara lain:
1.Berproduksi merupakan ibadah. "Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. dan dia Maha mengetahui segala sesuatu." (QS. Al-Baqarah: 29)
2. Berusaha dengan mengoptimalkan segala kemampuannya yang telah Allah berikan
3. Seorang muslim yakin bahwa apapun yang diusahakannya sesuai dengan ajaran Islam tidak membuat hidupnya menjadi kesulitan
4.Berproduksi bukan semata-mata karena keuntungan yang diperoleh tetapi juga seberapa penting manfaat dari keuntungan tersebut untuk kemaslahatan masyarakat.
5.Seorang muslim menghindari praktek produksi yang mengandung unsur haram atau riba, pasar gelap
.berproduksi dengan tujuan kemashalahatan bersama seluruh umat manusia. Di jelaskan dalam ÂQS. Hud (11): 61Artinya:Dan kepada Tsamud (Kami utus) saudara mereka Shaleh. Shaleh berkata: "Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya, karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertobatlah kepada-Nya, Sesungguhnya Tuhanku amat dekat (rahmat-Nya) lagi memperkenankan (doa hamba-Nya)" (QS. Hud (11): 61).
Maksudnya yaitu Kita manusia hanya menyembah Allah, karena Dia-lah yang menciptakan kita yaitu dari tanah dan kita dijadikannya sebagai pemakmur buni (tanah) dengan cara menfaatkan semua apa yang ada di bumi ini dan disamping itu kita sebaiknya memohon ampunan kepada-Nya karena rahmat Allah sangat dekat.
Bumi adalah lapangan sedangkan manusia adalah pekerja penggarapnya yang sungguh-sungguh sebagai wakil dari Sang Pemilik lapangan tersebut. Untuk menggarap dengan baik, Sang Pemilik memberi modal awal berupa fisik materi yang terbuat dari tanah yang kemudian ditiupkannya roh dan diberinya ilmu. Dalam Al-Qur'an digambarkan kisah penciptaan Adam anara lain pada Surah al-Baqarah. Maka ilmu merupakan faktor produksi terpenting yang ketiga dalam pandangan Islam. Teknik produksi, mesin serta sistem manajemen merupakan buah dari ilmu dan kerja. Modal adalah hasil kerja yang disimpan.
terdapat pula pandangan produksi dalam al-Qur'an dan hadits sebagaimana Allah berfirman dalam QS. Al-Anbiya, 21:80): "Dan telah kami ajarkan kepada Daud membuat baju besi untuk kamu, guna memelihara kamu dalam peperanganmu: Maka hendaklah kamu bersyukur (kepada Allah)".
Maksudnya yaitu Allah swt. telah mengajarkan Dawud cara membuat baju besi atau baju pelindung saat ia menghadapi peperangan. Dan kita sebaiknya mensyukuri apa yang Allah berikan petunjuk atau cara membuat sesuatu contoh; baju besi.
[20.23, 29/6/2020] .: dangkan terdapat pula pandangan produksi dalam al-Qur'an dan hadits sebagaimana Allah berfirman dalam QS. Al-Anbiya, 21:80): "Dan telah kami ajarkan kepada Daud membuat baju besi untuk kamu, guna memelihara kamu dalam peperanganmu: Maka hendaklah kamu bersyukur (kepada Allah)". Dan pula terdapat hadits yang membahas teori produksi, yaitu: "Seorang diantarakamu mengambil tali dan pergi ke gunung untuk mengambil kayu bakar lalu dipikulnya pada punggungnya dan selanjutnya dijualnya serta dengan cara ini ia bisa menghidupkan dirinya, adalah lebih baik daripada ia meminta-minta kepada manusia, kadang ia diberi dan kadang tidak diberi (HR. Ahmad, Bukhari dan Ibnu Majah).
Rasululullah memberikan arahan mengenai prinsip-prinsip produksi sebagai berikut:
1. Tiga manusia dimuka bumi sebagai khalifah Allah adalah memakmurkan bumi dengan ilmu dan amalnya. Allah menciptakan bumi dan langit beserta segala apa yang ada diantara keduanya karena sifat Rahmaan dan Rahiim-Nya kepada manusia. Karenanya sifat tersebut harus melandasi aktivitas manusia dalam pemanfaatan bumi dan langit serta segala isinya.
2. Islam selalu mendorong kemajuan dibidang produksi. Menurut Yusuf Qhardawi, Islam membuka lebar penggunaan metode ilmiah yang didasarkan kepada penelitian, eksperimen dan perhitungan. Akan tetapi Islam tidak membenarkan penuhan terhadap hasil karya ilmu pengetahuan dalam arti melepaskan dirinya dari al-Qur'an dan Hadits.

NAMA: ULANURSAN

NIM Â : 19681056

PRODI:EKONOMI SYARIAH

KAMPUS: INSTITUT AGAMA ISLAM NEGRI CURUP (IAIN)

VIDEO PILIHAN