Kian Perkasa, Rupiah Ditutup di Level Rp14.022

Kian Perkasa, Rupiah Ditutup di Level Rp14.022

Terbaiknews - JakartaIDN Times- Nilai tukar (kurs) rupiah ditutup menguat 0,05 persen pada perdagangan awal...

Jakarta, IDN Times- Nilai tukar (kurs) rupiah ditutup menguat 0,05 persen pada perdagangan awal pekan ini. Berdasarkan dataBloomberg, Senin (1/2/2021), nilai tukar rupiah berada di level Rp14.022 per dolar AS dibandingkan penutupan sebelumnya, Rp14.030 per dolar AS.

1. Nilai tukar rupiah berdasarkan kurs tengah BI

Kian Perkasa, Rupiah Ditutup di Level Rp14.022ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Sementara itu, berdasarkan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia (BI) nilai tukar rupiah menguat sebesar Rp14.042 per dolar AS. Angka ini menguat dibanding Jumat (29/1/2021) yang sebesar Rp14.084 per dolar AS.

2. Peran pelaku usaha turut memperkuat rupiah

Kian Perkasa, Rupiah Ditutup di Level Rp14.022(UMKM Gayeng Bank Indonesia) IDN Times/Dhana Kencana

Menurut Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi, penguatan rupiah dipicu oleh upaya para pelaku usaha untuk membangun dan menggerakkan roda perekonomian. Pertumbuhan konsumsi rumah tangga dan daya beli masyarakat menjadi faktor paling elastis dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.

"Proses perbaikan kondisi ekonomi akan berlanjut sepanjang 2021. Tanda-tanda perbaikan dan kebangkitan ini sudah terlihat bahkan sejak kuartal terakhir tahun lalu, di mana pertumbuhan ekonomi pada kuartal keempat 2020 diproyeksi ada pada angka minus 2,9 persen atau lebih baik dari capaian kuartal ketiga," kata Ibrahim.

3. Berbagai stimulus ekonomi juga memperkuat rupiah

Kian Perkasa, Rupiah Ditutup di Level Rp14.022Ilustrasi bansos DKI Jakarta (Instagram/@Aniesbaswedan)

Ibrahim melanjutkan, digelontorkannya dana bansos, BLT, Kredit untuk UMKM, serta vaksinasi gratis yang akan dilakukan selama 15 bulan juga dapat menopang pertumbuhan ekonomi.

"Selain itu juga didukung peran aktif masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan dengan mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker," lanjutnya.

Berita dengan kategori