Kemenperin: Pandemi Covid-19 Jadi Peluang UKM Penuhi Kebutuhan dalam Negeri

Kemenperin: Pandemi Covid-19 Jadi Peluang UKM Penuhi Kebutuhan dalam Negeri

Terbaiknews - Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian PerindustrianGati Wibawaningsih di acara seminar StartupTech Provider 4 IKM di Gedung KemenperinJakarta SelatanJumat (30/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

, JAKARTA - Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian PerindustrianGati Wibawaningsih menyebut pandemi Covid-19 membuka peluang UKM untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Inilah kesempatan bagi produk dalam negeri memenuhi kebutuhan dalam negeri. Pasar yang saat ini memungkinkan adalah belanja pemerintah. Jadi kebutuhan pemerintah itu nanti diutamakan dipenuhi oleh industri dalam negeri," tutur Gati, Rabu (29/7/2020).

Gati mendorong para pelaku UKM untuk mengakses website Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk ikut berpartisipasi dalam pengadaan barang pemerintah.

"Itu semua kebutuhan kita tampilkan ke LKPP," terang Dirjen IKMA.

Indonesia beruntung bahwa seluruh industri tak hanya bergantung pada pasar ekspor, sebab di tengah pandemi market luar negeri menurun.

"Pandemi ini baru kita syukuri, karena kita ngga hanya fokus ke ekspor. Kalau kita fokus ke ekspor, akan cepet hancur, seperti Singapura. Karena industri jasa, produknya itu ekspor. Nah sekarang pasar ekspor hancur, ya sudah hancur. Tapi kita kan nggak begitu," ungkapnya.