KEMBANGKAN POTENSI DESA WONOREJO, KKN UMM KELOMPOK 09 GELAR SEMINAR PEMASARAN PRODUK DAN PELATIHAN PEMBUATAN SELAI JAGUNG & KRIPIK TOMAT

KEMBANGKAN POTENSI DESA WONOREJO, KKN UMM KELOMPOK 09 GELAR SEMINAR PEMASARAN PRODUK DAN PELATIHAN PEMBUATAN SELAI JAGUNG & KRIPIK TOMAT

Terbaiknews - Kelompok KKN 09 Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan seminar pemasaran produk dan pelatihan...

Kelompok KKN 09 Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan seminar pemasaran produk dan pelatihan pembuatan selai jagung kripik tomat. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Wonorejo pada tanggal 5 Februari 2020. Adapun peserta dari kegiatan tersebut adalah ibu-ibu PKK Desa Wonorejo.

Acara dimulai dengan seminar pemasaran produk, dimana dalam seminar pemasaran produk tersebut KKN UMM Kelompok 09 mendatangkan narasumber Dyan Purnomo dari Rumah kreativ BUMN. Dalam seminar pemasaran produk tersebut dijelaskan berbagai materi tentang pemasaran produk, seperti pemasaran produk di era 4.0 maupun pemasaran produk lewat tokoÂonline, tidak hanya berhenti di situ saja acara seminar ini juga dijelaskan cara-cara tentang bagaimana produk agar dapat diterima di masyarakat, serta branding pada produk dan lain-lain.

Selain pemaparan materi dalam acara seminar tersebut juga diselingi dengan sesi tanya jawab dan dalam sesi ini ibu ibu PKK Desa Wonorejo sangat antusias dapat diketahui dari banyaknya yang bertanya dan pertanyaan yang diajukan. Setelah semua materi diberikan dan sesi tanya jawab selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan selai jagung dan kripik tomat, dimana dalam acara ini dipandu oleh TIM dari KKN UMM Kelompok 09.

Dalam acara pelatihan pembuatan selai jagung dan kripik tomat, peserta (ibu-ibu PKK Desa Wonorejo) bisa mempraktekan langsung bagaimana cara untuk membuat produk selai jagung dan tomat. Alasan KKN UMM Kelompok 09 mengadakan kegiatan ini karena selama ini Desa Wonorejo memiliki potensi yang cukup besar di pertanian jagung dan tomat, yang mana potensi tersebut sangat disayangkan apabila tidak dapat dimanfaatkan secara optimal. Alasan lain dari adanya kegiatan seminar pemasaran produk dan pelatihan selai jagung kripik tomat adalah untuk meningkatkan nilai jual dari hasil alam Desa Wonorejo (nilai jual tomat dan jagung).

Riska Dwi Yunisela selaku ketua divisi ekonomi dan kewirausahaan KKN UMM Kelompok 09 mengatakan bahwa, "Kegiatan yang kami lakukan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Wonorejo serta memunculkan ikon desa Wonorejo lewat pelatihan pembuatan produk selai jagung dan kripik tomat, selain itu berharap natinya produk selai jagung dan kripik tomat dapat menjadi produk unggulan Desa Wonorejo".

Siti Maisiroh selaku Ketua Tim Penggerak PKK Desa Wonorejo mengatakan bahwa kegiatan yang diadakan oleh KKN UMM Kelompok 09 Desa Wonorejo sangat menarik dan bermanfaat, karena dalam kegiatan ini terdapat inovasi baru untuk memanfaatkan tomat dan jagung. Kemudian ia juga berharap ke depannya masyrakat Desa wonorejo bisa mempraktekan pembuatan selai jagung dan kripik tomat sehingga dapat meningkatkan ekonomi Desa Wonorejo.

Moh. Jufri selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN UMM Kelompok 09 menjelaskan bahwa adanya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga Desa Wonorejo karena dalam kegiatan ini warga diberi keterampilan pembuatan selai jagung dan kripik tomat serta warga dibekali dengan pemasarana produk, kemudian ia berharap bahwa kedepannya warga Desa Wonorejo bisa membuat produk-produk dari bahan baku yang ada di Desa Wonorejo.

VIDEO PILIHAN