Ini Rekomendasi Investasi Syariah yang Bisa Kamu Coba 

Ini Rekomendasi Investasi Syariah yang Bisa Kamu Coba 

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Perencana keuangan FinansialkuHarryka Joddy Poptimistis bahwa di awal tahun...

Jakarta, IDN Times - Perencana keuangan Finansialku, Harryka Joddy P, optimistis bahwa di awal tahun ini potensi investasi syariah akan terus membaik.

Alasannya antara lain adalah penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia di akhir tahun kemarin, program vaksinasi COVID-19 yang sebentar lagi akan dimulai, Optimalisasi SWF (Sovereign Wealth Fund) dari Pemerintah RI untuk menarik minat investor, dan optimisme pelaku pasar terhadap program-program pemerintah dalam memulihkan ekonomi nasional.

"Berbagai hal ini yang akan dipandang oleh para investor lokal dan asing untuk menanamkan uangnya di Indonesia, dan salah satunya adalah investasi di instrumen
keuangan syariah," kata Harryka kepada IDN Times, Sabtu (23/1/2021).

Nah berikut ini beberapa jenis instrumen investasi syariah di Indonesia yang bisa dimiliki oleh para investor.

1. Deposito syariah

Ini Rekomendasi Investasi Syariah yang Bisa Kamu Coba (Ilustrasi ekonomi syariah) IDN Times/Helmi Shemi

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Deposito syariah adalah jenis investasi berjangka dengan menempatkan dana mulai dari satu sampai dua puluh empat bulan di bank syariah.

Pada akhir periode atau setiap tanggal pembukaan rekening deposito, kita akan mendapatkan bagi hasil sesuai dengan pendapatan bank.

2. Sukuk

Ini Rekomendasi Investasi Syariah yang Bisa Kamu Coba Sukuk ritel bisa dipesan melalui aplikasi MOST (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sukuk adalah surat pengakuan utang yang diterbitkan secara resmi oleh pemerintah. Perbedaan antara obligasi konvensional dengan sukuk terletak pada pelaksanaannya, yang lebih menekankan pada sifat investasi sebagai sertifikat kepemilikan atau penyertaan.

"Kita bisa membeli Sukuk melalui bank atau mitra distribusi yang sudah ditunjuk oleh pemerintah," kata Harryka.

3. Reksadana syariah

Ini Rekomendasi Investasi Syariah yang Bisa Kamu Coba Ilustrasi reksadana (IDN Times/Umi Kalsum)

Reksadana syariah adalah sebuah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi, untuk kemudian diinvestasikan ke dalam surat berharga seperti saham, obligasi, dan instrumen pasar uang lainnya yang sesuai dengan ketentuan dan prinsip syariah.

4. Saham syariah

Ini Rekomendasi Investasi Syariah yang Bisa Kamu Coba Ilustrasi rupiah dan pasar saham/IHSG (IDN Times/Shemi)

Saham syariah adalah sebuah surat berharga yang mencerminkan suatu kepemilikan atau hak atas suatu perusahaan yang telah diterbitkan oleh emiten, di mana dalam kegiatan usaha dan cara pengelolaannya sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.