Ini 5 Bisnis Online yang Tren di Era Pandemik COVID-19 

Ini 5 Bisnis Online yang Tren di Era Pandemik COVID-19 

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Di tengah pandemik COVID-19banyak yang mencoba membuka usaha online untuk...

Jakarta, IDN Times - Di tengah pandemik COVID-19, banyak yang mencoba membuka usaha online untuk mencari penghasilan tambahan maupun terpaksa banting setir karena kehilangan pekerjaan. Tetapi, tentu kita harus menentukan terlebih dahulu produk ataupun layanan apa yang memiliki peluang tinggi untuk kita tawarkan.

Corporate Communication Relation Group Head PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) Jonathan David merekomendasikan sejumlah bisnis online yang menjadi primadona di 2021, apa saja?

1. Produk kesehatan diri

Ini 5 Bisnis Online yang Tren di Era Pandemik COVID-19 Ilustrasi hand sanitizer. IDN Times/Hana Adi Perdana

Jonathan mengatakan pandemik COVID-19 menyebabkan gaya hidup keseharian berubah. Masker maupun hand gel dan semprotanantiseptik menjadi benda wajib yang harus kita bawa ke mana pun guna mencegah penyebaran virus corona.

"Adapun vitamin yang mampu meningkatkan imunitas kesehatan baik yang berbentuk farmasi maupun natural seperti madu dan sebagainya juga menjadi kebutuhan konsumtif rutin," katanya.

2. Menjadi reseller dan dropshipper

Ini 5 Bisnis Online yang Tren di Era Pandemik COVID-19 Reseller Dus-dusan, Tuti Rahmi (Dok. Humas Dus-dusan)

Kamu bisa memulai menjadi reseller dan dropshipper dari produk kecantikan hingga makanan, bisnis yang laris di masa pandemi. Terlebih bisnis ini tidak membutuhkan modal besar namun tetap berpotensi meraup keuntungan besar.

3. Jasa pembuatan konten

Ini 5 Bisnis Online yang Tren di Era Pandemik COVID-19 Ilustrasi UMKM. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Banyaknya UMKM yang buka di tengah pandemik meningkatkan kebutuhan jasa pembuatan konten kreatif. Jonathan mengatakan jasa ini ditujukan untuk membantu para pemilik bisnis mempromosikan produk mereka secara gencar di berbagai platfom komunikasi terutamanya sosial media, namun dengan budget promosi iklan yang tetap terjangkau.

4. Jasa titip (jastip)

Ini 5 Bisnis Online yang Tren di Era Pandemik COVID-19 Jasa titip makanan dan minuman oleh komunitas Grab Gojek on Twitter di DKI Jakarta. Dok. IDN Times/Istimewa

Jastip adalah layanan di mana kita menawarkan untuk membeli produk bagi mereka yang tidak bisa membelinya secara langsung baik di lokasi domestik maupun luar negri, sehingga dapat mengurangi risiko terpapar COVID-19 saat sedang melakukan aktivitas offline shopping.

5. Creative trainer

Ini 5 Bisnis Online yang Tren di Era Pandemik COVID-19 Ilustrasi bekerja (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Banyak dari masyarakat yang tertarik untuk mempelajari keterampilan baru agar memiliki keahlian menjadi seorang trainer. Saat ini, sesi sharing knowledge umumnya digelar secara daring, menggunakan aplikasi video konferensi seperti Zoom, Mteams dsb.
"Tapi perlu diingat, apapun jenis bisnis yang akan kamu jalani, lakukan persiapan dengan matang dan lindungi aset-aset bisnis sebagai mitigasi risiko bisnis," ucap Jonathan.

Berita dengan kategori