Erick Thohir Apresiasi Pembangunan Area Melasti

Erick Thohir Apresiasi Pembangunan Area Melasti

Terbaiknews - Pembangunan area Melasti juga tak lepas dari besarnya dukungan masyarakat
Pembangunan area Melasti juga tak lepas dari besarnya dukungan masyarakat

, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bersama sejumlah anggota Komisi VI DPR dan Gubernur Bali Wayan Koster meninjau area Melasti di Pelabuhan Benoa, Bali, pada Jumat (14/2).

Area Melasti merupakan wujud kepedulian sosial yang dilakukan Pelindo III untuk desa adat sekitar sebagai tempat persembahyangan umat Hindu. Erick mengucapkan terima kasih kepada Komisi VI dan seluruh direksi Pelindo III yang sudah bekerja keras membangun area Melasti.

"Saya tahu, ketika November saya ke sini bersama Pak Gubernur waktu itu, apa yang kita lihat hari ini sebenarnya tidak ada, tetapi di situ saya sampaikan BUMN harus bekerja konkret bukan wacana," ujar Erick di Area Melasti, Pelabuhan Benoa, Bali, Jumat (14/2).

Erick menilai pembangunan area Melasti juga tak lepas dari besarnya dukungan masyarakat. Area Melasti berperan dalam mendorong pelabuhan Benoa menjadi Benoa Maritime Tourism Hub. Pelindo III berhasil merampungkan pembangunan Melasti seluas satu hektar dan dapat dipergunakan untuk kegiatan upacara melasti dan penganyudan.

Upacara Melasti sendiri salah satu rangkaian upacara menjelang Nyepi untuk penyucian diri yang dilakukan oleh seluruh umat Hindu Bali. Upacara ini, dalam pelaksanaannya dilakukan di area tepi pantai.

Penyucian yang dilakukan umat Hindu Bali bertujuan untuk membersihkan diri dari berbagai tindakan dan perilaku buruk yang pernah dilakukan. Selanjutnya, mereka pun akan membuangnya ke laut. Di waktu yang sama, pembersihan juga dilakukan pada berbagai perlengkapan persembahyangan yang ada di Pura.