Cerita Sri Mulyani, JB Sumarlin Sosok yang Tak Pelit Ilmu Ekonomi

Cerita Sri Mulyani, JB Sumarlin Sosok yang Tak Pelit Ilmu Ekonomi

Terbaiknews - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersama pejabat teras Kementerian Keuangan melayat...

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersama pejabat teras Kementerian Keuangan melayat kepersemayaman rumah duka JB Sumarlin di Rumah Sakit Siloam Semanggi, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Usai melayat Sri Mulyani mengatakan, sosok JB Sumarlin merupakan tokoh ekonomi nasional yang penuh dedikasi buat keluarga dan negara.

Sri Mulyani mengaku banyak belajar dari Sumarlin ketika dirinya menjadi mahasiswa di Universitas Indonesia (UI) dimana Sumarlin menjadi dosennya.

"Saya mengenal beliau sejak mulai menjadi mahasiswa, mengajar di Universitas Indonesia dan beliau nampak sekali punya komitmen dan kecintaan pada almamaternya," kata Sri Mulyani.

Memang waktu mengajar dulu lanjut cerita Sri Mulyani, Sumarlin sangat konsen terhadap perekonomian nasional. Dia pun mengaku mendapatkan banyak sekali ilmu dan pengalaman yang dibagikan kepada para mahasiswa.

"Dan tentu kita kenal Pak Marlin ketika beliau menjabat, karena banyak sekali masa-masa yang tidak mudah untuk Indonesia," katanya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan bahwa Sumarlin melakukan liberalisasi sektor keuangan.

"Jadi yang dilakukan beliau sebetulnya kalau dipelajari masih sangat relevan untuk hari ini bagi kita semua sebagai policy maker," katanya.

"Kita kehilangan seorang sosok yang memiliki komitmen dan kecintaan sangat besar terhadap keluarganya, negaranya, almamaternya dan sesorang yang tidak pernah segan untuk membagi ilmunya dan pengalamannya kepada generasi yang lebih muda," tambahnya.

Sebelumnya, meninggalnya mantan Menteri Keuangan era Presiden Soeharto itu dikabarkan oleh keluarga melalui pesan berantainya.

"Telah berpulang ke rumah Bapa di Surga, Ayah / Eyang / Saudara kami Prof Dr JB Sumarlin, pada hari Kamis, 6 Februari 2020, Pukul 14:15 di RS Carolus, Jakarta," isi pesan berantai dari keluarga JB Sumarlin.

JB Sumarlin akan dimakamkan di San Diego Hills pada Senin (10/2/2020) mendatang. Saat ini jenazah telah disemayamkan di rumah duka di RS Siloam Semanggi, Jakarta.