Cara Mudah Mulai Investasi Emas, Nggak Harus Mahal Lho

Cara Mudah Mulai Investasi Emas, Nggak Harus Mahal Lho

Terbaiknews - Foto: Mindra Purnomo/Infografis
Jakarta -

Emas batangan atau logam mulia merupakan salah satu instrumen investasi yang diminati banyak orang. Selain karena harganya yang cenderung naik, investasi ini juga dinilai aman karena tidak tergerus oleh inflasi.

Kendati begitu, investasi emas batangan yang berbentuk fisik juga punya risiko lain, yakni dari sisi keamanan. Menyimpan emas batangan sebagai tabungan di rumah rawan terhadap pencurian. Harganya juga dinilai mahal karena besarannya dipatok secara seragam.

Namun, ada cara baru investasi emas yang diinisiasi oleh perusahaan pelat merah, Pegadaian. Pegadaian memiliki produk mulia personal, mulia kolektif, dan mulia arisan. Intinya, tiga fitur pada produk emas batangan ini memudahkan calon investor yang ingin memiliki logam mulia dengan cara mencicil.

Hanya saja, ketiganya memiliki metode pengumpulan dana yang berbeda-beda. Mulia personal diperuntukkan bagi investor yang minat investasi emas batangan secara angsuran.

Para investor bisa mengangsur sesuai kemampuan mulai dari jangka waktu tiga bulan sampai 36 bulan. Syaratnya pun cukup mudah. Hanya membawa identitas diri (KTP/paspor) kemudian membayar uang muka minimal 15% dari harga emas yang ingin dibeli.

Selain mulia personal, ada pula mulia kolektif di mana pembelian produk mulia dilakukan secara berkelompok minimal enam orang. Pembiayaannya pun dapat ditandatangani oleh perwakilan satu orang saja kemudian pembayaran uang mukanya minimal 10%.

Pilihan emasnya pun bisa dimulai dari denominasi 0,5 gram sampai 1 kg. Pilihan jangka waktu pembiayaannya bisa sampai 36 bulan. Sedangkan Mulia Arisan, bisa dibeli dengan sistem arisan. Jumlah anggota arisan pun berjumlah minimal enam orang.

Uang muka untuk Mulia Arisan mulai dari 10% sampai dengan 15%. Kemudian untuk denominasi emasnya mulai dari 0,5 gram sampai 1 kg. Pilihan jangka waktunya pun bisa dipilih sampai dengan 36 bulan. Investor bisa memiliki emas batangan dalam bentuk fisik dan dibawa ke rumah.

Adapun, proses pembukaan ketiga fitur ini dapat dilakukan di seluruh outlet Pegadaian di berbagai wilayah Indonesia dan diangsur melalui aplikasi Pegadaian Digital, ATM, bisa mobile banking dan internet banking. Dengan aplikasi Pegadaian Digital, investasi emas dapat dilakukan dengan cara yang mudah, kapan saja, dimana saja.

Selain itu Pegadaian menawarkan produk tabungan emas, sehingga kita bisa melakukan investasi mulai dengan nominal Rp. 7 ribuan. Investasi nggak harus mahal, kan?

Cara Mudah Mulai Investasi Emas, Nggak Harus Mahal Lho
(prf/hns)
investasiinvestasi emaspegadaianemas