[BREAKING] Ekonomi Tiongkok dan Vietnam Perkasa, RI Masih Tak Berdaya

[BREAKING] Ekonomi Tiongkok dan Vietnam Perkasa, RI Masih Tak Berdaya

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Pertumbuhan ekonomi di sejumlah negara telah diumumkan. Tiongkok dan Vietnam...

Jakarta, IDN Times - Pertumbuhan ekonomi di sejumlah negara telah diumumkan. Tiongkok dan Vietnam mampu mencatatkan hasil positif.

Ya, dua negara ini mampu bangkit dari keterpurukan akibat pandemik COVID-19 dan mengubah perekonomiannya dalam waktu yang cepat.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkap, pertumbuhan ekonomi Tiongkok tahun 2020 positif 2,3 persen. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Vietnam positif 2,9 persen.

Meski demikian, kondisi sebaliknya terjadi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia dan beberapa mitra dagangnya.

Amerika Serikat misalnya, mengalami minus 3,5 persen, kemudian Singapura minus 5,8 persen, Korea Selatan minus 1 persen, dan Uni Eropa minus 6,4 persen.

"Hampir semua negara mengalami kontraksi yang dalam, AS minus 3,5 persen, Singapura minus 5,8 persen, Hong Kong juga lebih dalam yaitu minus 6,1 persen," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi pers virtual, Jumat (5/2/2021).

Bagaimana Indonesia? Pertumbuhan ekonomi Tanah Air tercatat minus 2,07 persen. Kontraksi ekonomi Indonesia 2020 menjadi yang terburuk sejak krisis moneter 1998.

"Dengan demikian, sejak 1998 untuk pertama kalinya pertumbuhan ekonomi alami kontraksi karena adanya krismon dan global, dan di 2020 minus 2,07 persen karena pandemik," ujarnya.