Banjir Semarang Ganggu Simpul Transportasi, Menhub Temui Ganjar

Banjir Semarang Ganggu Simpul Transportasi, Menhub Temui Ganjar

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan pertemuan dengan...

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan pertemuan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (7/2/2021).

Pertemuan dilakukan untuk membahas rencana aksi penanggulangan musibah banjir di Semarang akibat cuaca ekstrem yang berdampak terhadap terganggunya operasional di simpul-simpul transportasi khususnya di bandara dan stasiun kereta api.

“Hari ini saya rapat dengan Pak Gubernur Jateng, Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Dirjen Perhubungan Udara, dan PT Angkasa Pura 1, untuk bersama-sama mencari solusi penanggulangan musibah banjir di Semarang yang berdampak pada operasional simpul transportasi seperti di Bandara Ahmad Yani dan Stasiun Tawang,” kata Menhub dalam keterangan resminya hari ini.

1. PUPR akan bersinergi untuk meredam banjir

Banjir Semarang Ganggu Simpul Transportasi, Menhub Temui GanjarIDN Times/Axel Joshua Harianja

Menhub Budi Karya mengungkapkan, beberapa langkah yang akan dilakukan Kementerian PUPR secara umum untuk menanggulangi banjir di Semarang, seperti membuat peredam air atau dam, melakukan pengerukan sungai dan membuat tanggul untuk mengantisipasi adanya rob (air pasang).

Upaya Kementerian PUPR, lanjut Menhub, akan dibantu oleh operator dari masing-masing pengelola sektor transportasi.

"PT Angkasa Pura I juga akan melakukan langkah-langkah konkret seperti menginventarisasi sistem pengendalian air, mengoptimalkan saluran pipa, menambah kapasitas pompa air untuk menyedot genangan air dengan cepat dan mengoptimalkan tanggul yang ada di bandara," kata dia.

2. Bandara Ahmad Yani sudah mulai beroperasi

Banjir Semarang Ganggu Simpul Transportasi, Menhub Temui GanjarIlustrasi penumpang pesawat terbang di bandara. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Diberitakan sebelumnya, Menhub Budi meninjau simpul-simpul transportasi seperti bandara, stasiun, pelabuhan, dan terminal yang terdampak banjir di Kota Semarang, Jawa Tengah. Menhub mengatakan Bandara Ahmaf Yani sudah bisa dibuka kembali pagi ini.

“Saya mendapat laporan bahwa Bandara Ahmad Yani Semarang mulai Minggu pagi ini sudah bisa digunakan dengan catatan tertentu. Oleh karena itu, saya ingin mengecek kondisi terkini di bandara dan juga di stasiun dan pelabuhan,” ucap dia.

3. Menhub juga kunjungi Stasiun Tawang

Banjir Semarang Ganggu Simpul Transportasi, Menhub Temui GanjarKaryawan membantu sejumlah penumpang menembus banjir untuk keluar dari Stasiun Tawang yang terendam banjir di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (6/2/2021). Akibat banjir setinggi hingga 70 cm tersebut, PT KAI (Persero) DAOP 4 Semarang mengalihkan sejumlah rute perjalanan kereta api (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Usai meninjau kondisi Bandara Ahmad Yani, Budi Karya bersama Ganjar juga meninjau kondisi Stasiun Kereta Api Tawang yang masih belum bisa beroperasi karena stasiun dan jalur kereta api yang masih tergenang air.

“Stasiun Tawang merupakan bangunan heritage (peninggalan bersejarah) sehingga tidak bisa begitu saja diubah-ubah dan dirombak begitu saja dalam rangka melakukan manajemen air untuk menanggulangi genangan air,” tutur mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu.

Menhub menjelaskan, pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah memiliki sistem manajemen air di sekitar stasiun dan meminta bantuan Kementerian PUPR untuk mengoptimalkannya.

Selanjutnya, Menhub mengungkapkan langkah lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menaikkan ketinggian jalur kereta api sepanjang 500 meter dan menyarankan agar sementara ini kereta api beroperasi hanya sampai Stasiun Poncol saja.

“Untuk penanganan terhadap simpul-simpul transportasi baik di Bandara dan Stasiun, kami akan terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, Kementerian PUPR, dan pihak-pihak terkait lainnya. Karena ini mesti kita lakukan dengan kerja sama,” ujar dia.

Berita dengan kategori