Temui Ganjar Pranowo, Menhub Bahas Soal Banjir di Semarang

Temui Ganjar Pranowo, Menhub Bahas Soal Banjir di Semarang

Terbaiknews - - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengadakan pertemuan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar...

, - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengadakan pertemuan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk membahas penanggulangan banjir di Semarang akibat cuaca ekstrem.

Akibat musibah tersebut berdampak terhadap terganggunya operasional di simpul-simpul transportasi khususnya di bandara dan stasiun kereta api.

“Hari ini saya rapat dengan Pak Gubernur Jateng, Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Dirjen Perhubungan Udara, dan PT Angkasa Pura 1, untuk bersama-sama mencari solusi penanggulangan musibah banjir di Semarang yang berdampak pada operasional simpul transportasi seperti di Bandara Ahmad Yani dan Stasiun Tawang,” ujar Budi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/2/2021).

Semarang Banjir Parah, Menteri PUPR: Karena Curah Hujan Ekstrem

Budi mengungkapkan, beberapa langkah yang akan dilakukan Kementerian PUPR secara umum untuk menanggulangi banjir di Semarang seperti membuat peredam air atau dam, melakukan pengerukan sungai dan membuat tanggul untuk mengantisipasi adanya rob.

Kemudian, PT Angkasa Pura I juga akan melakukan langkah-langkah konkrit seperti menginventarisasi sistem pengendalian air, mengoptimalkan saluran pipa, menambah kapasitas pompa air untuk menyedot genangan air dengan cepat dan mengoptimalkan tanggul yang ada di bandara.

Diketahui, curah hujan tinggi di Semarang menyebabkan terjadinya banjir yang menyebabkan sejumlah simpul-simpul transportasi di Semarang seperti bandara, stasiun, dan pelabuhan tidak dapat beroperasi karena tergenang air.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah daerah berpotensi mengalami hujan lebat mulai Jumat lalu hingga beberapa hari ke depan.

Sempat Ditutup Akibat Banjir, Bandara Ahmad Yani Kembali Layani 26 Penerbangan

Sebelumnya, sebanyak 21 jadwal penerbangan dari beberapa maskapai terdampak banjir yang menggenangi landas pacu Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Kota Semarang, Jawa Tengah, sehingga harus dialihkan dan ditunda akibat tingginya curah hujan

"Sampai dengan saat ini terdapat 21 penerbangan yang terdampak baik kedatangan maupun keberangkatan dengan rute penerbangan dari dan ke Jakarta, Pangkalan Bun, Banjarmasin, Surabaya, dan Makassar," kata General Manager PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Hardi Ariyanto dilansir dari Antara, Minggu (7/2/2021).

Berita dengan kategori