Sri Mulyani: Ekonomi Indonesia Tumbuh 4,9 Persen di Kuartal I 2020

Sri Mulyani: Ekonomi Indonesia Tumbuh 4,9 Persen di Kuartal I 2020

Terbaiknews - Jakarta - Menteri KeuanganSri Mulyanimenyebutkan bahwa sepanjang kuartal I 2020 atau hingga...

, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menyebutkan bahwa sepanjang kuartal I 2020 atau hingga minggu kedua Maret 2020, Ekonomi IndonesiaÂmasih bertengger di angka 4,9 persen.

"Kuartal I sampai minggu kedua, 10 hari pertama ekonomi kita masih 4,9 persen. Jadi kalau kuartal I masih ada 20 hari terakhir Maret ini penurunan kuartal I masih bisa tumbuh di atas 4,5-4,9 persen," ujar Sri Mulyani dalam video-konverensi pada Rabu (18/3/2020).

Sri Mulyani juga membeberkan jika pada kuartal I, ekonomi China sudah jatuh sangat dalam. Bahkan di beberapa negara lain semuanya sudah negatif. kendati demikian, ia juga merasa perlu berhati-hati untuk Kuartal II, sebab adanya berbagai prediksi modeling bagaimana covid-19 menyerang semua negara.

"Kita akan hati-hati kuartal II berbagai prediksi modeling bagaimana corona terjadi ke semua negara, mulai dari RRT (Republik Rakyat Tiongkok), South Korea, kemudianm Jepang. Kalau kita lihat di Italy sekarang, di Eropa maupun di US, kita enggak under estimate bahwa dampaknya itu bisa sangat signifikan," jelasnya.

Sebelumnya, Sri Mulyani menyampaikan sempat memiliki harapan untuk musim libur lebaran tahun ini. Ia berharap tekanan virus corona bisa segera mereda dengan adanya THR dan Lebaran.

"Tadinya kan kita berharap di kuartal-II ada seasonality karena ada lebaran, ada mudik. kemudian ada THR dan lain lain. Tapi nanti kalau THR maupun nanti kita memberikan gaji ke-13, kalau orang tetap di rumah kan berarti nggak spend. Nah ini jadi menahan pertumbuhan ekonomi," bebernya.

Oleh karena itu, Sri Mulyani menambahkan akan hati-hati terhadap proyeksi ekonomi Indonesiadi keseluruhan tahun.