Realisasi KUR Pertanian Capai Rp 37,6 Triliun

Realisasi KUR Pertanian Capai Rp 37,6 Triliun

Terbaiknews - - Kementerian Pertanian ( Kementan) terus berupaya mendorong peningkatan produktivitas petani....

, - Kementerian Pertanian ( Kementan) terus berupaya mendorong peningkatan produktivitas petani. Salah satunya melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat ( KUR) untuk sektor pertanian.

Dalam penyaluran KUR tersebut, pemerintah memberikan subsidi bunga sebesar 6 persen hingga Desember 2020.

Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy menyebutkan, hingga saat ini pemerintah telah menyalurkan KUR sektor pertanian sebesar Rp 37,6 triliun. Nilai ini sekitar 75 persen dari pagu anggaran tahun 2020.

"Sampai saat ini realisasinya sudah Rp 37,6 triliun dari target Rp 50 triliun yang dibebankan pada Kementan," ungkapnya dalam webinar mengenai pangan nasional, Minggu (11/10/2020).

Bantu Modal Petani, Mentan SYL Dorong Percepatan Pemanfaatan KUR

Dia menjelaskan, pembiayaan tersebut digunakan petani untuk mengembangkan budidaya ataupun mengerjakan bisnis lainnya yang berkaitan di bidang pertanian.

Adapun penyaluran KUR telah dinikmati petani di berbagai sektor yakni tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, kombinasi pertanian/perkebunan dengan peternakan, serta jasa pertanian, perkebunan, dan peternakan.

"Jadi ada permodalan dari Kementan, yang ditugaskan dengan dengan memanfaatkan dana KUR," kata Sarwo.

Ia menambahkan, selain penyaluran KUR, upaya untuk mendorong produktivitas juga dilakukan melalui pupuk bersubsidi dan pemberian benih unggul bermutu. Khususnya pada tanaman padi, sehingga diharapkan terjadi peningkatan produksi saat panen.

"Kami juga berikan bantuan benih, sehingga padi-padi lokal yang biasa ditanam oleh petani dengan produktivitas hanya 3-4 ton per hektar, jadi dengan benih padi unggul bermutu diharapkan bisa di atas 6 ton per hektar," kata Sarwo.

Mitra Usaha Gojek Bisa Dapatkan KUR dengan Bunga 0 Persen, Bagaimana Caranya?