Polemik WNA Boleh Beli Apartemen di Indonesia, Ini Permintaan Sofyan Djalil

Polemik WNA Boleh Beli Apartemen di Indonesia, Ini Permintaan Sofyan Djalil

Terbaiknews - Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)Sofyan Djalil,...

, Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil, meminta pengertian atas kebijakan pemerintah yang memperbolehkan warga negara asing (WNA) memiliki apartemen di Indonesia.

Adapun ketentuan tersebut masuk ke dalam bagian Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja.

"Saya dari dulu menganggap asing boleh saja beli apa saja. Toh mereka tidak akan bawa keluar ke negerinya, yang dibawa duitnya ke dalam," kata Sofyan dalam sesi webinar bersama Real Estate Indonesia (REI), Kamis (23/7/2020).

Sebagai informasi, RUU Omnibus Law dalam salah satu pasalnya memperbolehkan WNA untuk mempunyai hak milik satuan rumah susun (sarusun).

Hak milik sarusun merupakan hak kepemilikan atas satuan rumah susun seperti apartemen yang bersifat perseorangan. Kepemilikan ini terpisah dengan hak bersama atas bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama.

Ketentuan ini berbeda dengan aturan sebelumnya, dimana WNA tidak bisa memiliki hak milik sarusun. Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 103 Tahun 2015, orang asin hanya diberi izin dalam bentuk hak pakai atas sarusun.

Â