Peran Inovasi Teknologi dalam Pengelolaan Wakaf Masa Kini

Peran Inovasi Teknologi dalam Pengelolaan Wakaf Masa Kini

Terbaiknews - KOMPAS.com - Transformasi pengelolaan wakaf tengah menjadi salah satu program yang tengah digaungkan...

KOMPAS.com - Transformasi pengelolaan wakaf tengah menjadi salah satu program yang tengah digaungkan pemerintah. Hal ini ditandai dengan peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) dan Brand Ekonomi Syariah yang diresmikan Presiden Joko Widodo ( Jokowi), Senin (25/1/2021).

Pada peluncuran tersebut, Jokowi mengatakan, besarnya potensi wakaf di Indonesia dapat memberikan dampak signifikan bagi pengurangan kemiskinan dan ketimpangan sosial masyarakat.

“Potensi aset wakaf per tahun mencapai Rp 2.000 triliun. Sementara, potensi wakaf uang bisa menembus Rp 188 triliun,” ujar Jokowi seperti diwartakan Kompas.com, Selasa (26/1/2021).

Oleh karena itu, Jokowi meminta agar pemanfaatan wakaf tidak terbatas pada tujuan ibadah, tetapi juga sosial dan ekonomi.

Sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, kata Jokowi, Indonesia seharusnya mampu menjadi contoh praktik pengelolaan wakaf yang transparan, profesional, kredibel, bisa dipercaya, serta berdampak positif pada kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat.

“Pengelolaan wakaf ini bisa menggerakkan ekonomi nasional, khususnya di sektor usaha usaha mikro kecil dan menengah,” imbuhnya.

Digitalisasi wakaf

Adapun teknologi digital dapat menjadi jembatan untuk mengakselerasi pengembangan wakaf. Teknologi tersebut juga dapat digunakan sebagai praktik pengelolaan wakaf yang transparan dan kredibel, sesuai prinsip syariah.

Contohnya saja inovasi yang diluncurkan Generali Indonesia. Perusahaan asuransi ini menghadirkan digital social platform Akuberbagi.com untuk mengoptimalkan potensi dan pengelolaan wakaf.

Seperti diketahui, bentuk wakaf yang dikenal masyarakat secara umum berupa lahan atau bentuk aset lainnya.

Namun, melalui Akuberbagi.com, peserta dapat berwakaf tanpa harus menunggu lama untuk memiliki aset tertentu.