Nilai Tukar Petani Naik Tipis di Januari, Mentan: Kesejahteraan Petani Jadi Agenda Utama

Nilai Tukar Petani Naik Tipis di Januari, Mentan: Kesejahteraan Petani Jadi Agenda Utama

Terbaiknews - - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai tukar petani (NTP) secara nasional mengalami kenaikan...

, - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai tukar petani (NTP) secara nasional mengalami kenaikan tipis 0,01 persen di Januari 2021 menjadi 103,26 dari 103,25 pada Desember 2020.

NTP merupakan indikator yang menunjukkan tingkat daya beli petani di perdesaan.

Semakin tinggi NTP, maka secara relatif semakin kuat pula tingkat kemampuan atau daya beli petani.

Antisipasi Cuaca Buruk, Mentan Ajak Petani Manfaatkan Asuransi

Kenaikan NTP bulan lalu didorong indeks harga yang diterima petani (It) naik sebesar 0,45 persen, lebih tinggi dari kenaikan indeks harga yang dibayar petani (Ib) sebesar 0,44 persen.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, peningkatan daya beli petani memang menjadi fokus program Kementan dalam mendorong perbaikan taraf hidup petani.

Program difokuskan pada peningkatan produksi berbasis pertanian maju, mandiri, dan modern, serta diikuti kualitas pangan berdaya saing ekspor.

"Fungsi Kementan adalah menjaga ketahanan pangan nasional dalam kondisi aman dan terkendali, terutama saat pandemi Covid-19 saat ini. Ke depan target kita adalah meningkatkan kesejahteraan petani sebagai agenda yang paling utama," ujar Syahrul dalam keterangannya, Senin (1/2/2021).

Syahrul menjelaskan, program kerja Kementan tahun ini menyasar pada peningkatan ketahanan pangan dan nilai tambah ekspor.

Ratusan Hektar Persawahan Terancam Gagal Panen, Petani Bojonegoro Diimbau Ikuti Asuransi

Ini dilakukan dengan meningkatkan produktivitas pertanian, di mana daerah yang mengalami defisit akan diberi perhatian yang lebih.

Langkah itu dinilai akan memberikan peningkatan pada kesejahteraan petani.

Berita dengan kategori