Menko Luhut Sebut Ekspor Mobil dan Besi Baja Naik Saat Pandemi Corona

Menko Luhut Sebut Ekspor Mobil dan Besi Baja Naik Saat Pandemi Corona

Terbaiknews - Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mencatat...

, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mencatat realisasi ekspor dan besi baja meningkat di tengah pandemi Covid-19. Hingga hari ini ekspor untuk irond and steel sebesar USD 4 miliar, sementara untuk mobil masih berada di USD 2,3 miliar.

"Per hari ini kita sudah ekspor USD 4 miliar dolar (irond and steel). Mobil masih USD 2,3 miliar," kata dia dalam web dinar di Jakarta, Sabtu (25/7).

Angka ini perlahan sudah bergerak dari realisasi terjadi pada kuartal I-2020. Di mana realisasi ekspor irond and steel masih berada di USD 2,3 miliar. Sementara realisasi untuk ekspor mobil berada di USD 2,0 miliar.

Peningkatan juga terjadi seiring dengan pembangunan smelter dilakukan pemerintah pada tahun lalu. Di mana posisi irond and steel pada periode tersebut realisasinya mencapai USD 7,4 miliar. Sementara mobil USD 8,1 miliar.

"Dan tahun ini kita harapkan ini irond and steel kita ekspor USD 10 miliar dan itu sangat berpengaruh terhadap nilai ekspor kita , lapangan kerja, penerimaan pajak dan seterusnya. Walaupun jumlah ini dibandingkan dengan yang lain masih kecil tapi ini sangat membantu," kata dia.

Reporter; Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com