KEIN Jabarkan Berbagai Dampak Buruk Baju Bekas Impor

KEIN Jabarkan Berbagai Dampak Buruk Baju Bekas Impor

Terbaiknews - Jakarta - Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN)Arif Budimantamenilai bahwa...

, Jakarta - Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), Arif Budimanta, menilai bahwa penjualan baju bekas dari impor ilegal dapat mematikan industri tekstil dalam negeri. Baju impor bekas ilegal ini kian marak dijumpai.

Arief mengungkapkan, penjualan baju bekas impor tersebut kini tak hanya ditemui di pinggir jalan saja, melainkan sudah memasuki toko dan pusat perbelanjaan.

"Pandangan saya, itu dilarang dan di Jakarta misalnya, itu pasti ilegal," kata dia, saat ditemui di Kawasn Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Baca Juga

Bahaya Pakai Baju Baru Tanpa Dicuci Dahulu Pakai Baju Adat Jawa, Roger Danuarta Dipuji Makin Ganteng Cara Mencerahkan Baju Putih yang Kusam dengan 3 Bahan Dapur

Dia mengaku heran kenapa baju impor bekas tersebut kian menjamur dan digandrungi masyarakat. Padahal keberadaannya tidak melalui prosedur yang seharusnya. "Kenapa bisa masauk dan diperdagangkan? berarti ada kelalaian dalam penegakan hukum," ujarnya.

Baju bekas dari Impor ilegal selain kehadirannya yang melanggar regulasi, juga dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan konsumen dalam hal ini masyarakat yang membeli dan memakainya.

"Kita tidak tahu quality kesehatan tekstil bekas kalau diperdagangkan, karena kita enggak tahu country originnya dimana, siapa pemakai sebelumnya, udah berapa lama ga dipakai, dan seterunya," ungkapnya.