Jubir Luhut Jelaskan soal 2 Juta Data Covid-19 yang Belum Tercatat

Jubir Luhut Jelaskan soal 2 Juta Data Covid-19 yang Belum Tercatat

Terbaiknews - KOMPAS.com - Juru Bicara Menko bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Jodi Mahardi...

, KOMPAS.com - Juru Bicara Menko bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Jodi Mahardi menjelaskan terkait 2 juta data tes Covid-19 yang belum dilaporkan.

Sebelumnya, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan data tersebut dalam pertemuan virtual dengan epidemiolog pada Kamis (4/2/2021).

"Sebenarnya bukan dua juta kasus positif yang belum masuk. Tetapi, ada banyak hasil tes negatif yang tertunda untuk dilaporkan oleh laboratorium. Karena jumlah tes yang besar dan tenaga entry terbatas, laboratorium cenderung lebih dahulu melaporkan hasil positif agar bisa segera ditindaklanjuti,” kata Jodi melalui keterangan tertulis, Sabtu (6/2/2021).

Jodi menambahkan, integrasi data masih menjadi masalah dalam penanganan Covid-19. Sejak awal, Luhut fokus pada integrasi sistem manajemen yang baik sehingga data yang disampaikan bisa faktual dan nyata.

Ekonomi Indonesia Minus, Sektor Apa yang Jatuh Paling Dalam?

"Jadi ketika data tersebut nanti sudah terintegrasi dan dimasukkan, angka positivity rate juga akan turun karena memang banyak data kasus negatif yang tertunda untuk dilaporkan sebelumnya. Jadi artinya bukan ada kasus positif yang ditutupi dan yang ditakutkan terjadi lonjakan rasa-rasanya tidak akan terjadi,” ujarnya.

Menurut Jodi, Luhut terus mendorong big data kesehatan yang menampung dan mengintegrasikan berbagai sumber data kesehatan, seperti rekam medis elektronik, BPJS Kesehatan, vaksin, dan lain sebagainya.

Sebelumnya, Luhut yang merupakan Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 mengatakan, pemerintah memiliki tugas untuk menyelesaikan persoalan data kasus covid antara pusat dan daerah yang belum sepenuhnya terintegrasi.

Dalam pertemuan dengan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, ahli kesehatan dan epidemiologi yang berlangsung secara virtual, Luhut menyampaikan bahwa masih ada hampir 2 juta atau mungkin lebih data yang belum masuk.

Guru Besar FEB UI Firmanzah Meninggal Dunia

Berita dengan kategori