Jokowi Minta Proyek Food Estate di Sumut dan Kalteng Rampung Tahun Ini

Jokowi Minta Proyek Food Estate di Sumut dan Kalteng Rampung Tahun Ini

Terbaiknews - - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya merampungkan proyek lumbung pangan atau food...

, - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya merampungkan proyek lumbung pangan atau food estate di wilayah Sumatera Utara (Sumut) dan Kalimantan Tengah (Kalteng) pada tahun ini.

Ia mengatakan, food estate sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan persoalan pangan di dalam negeri, mengingat masih ada komoditas pangan yang sangat bergantung dengan impor, seperti kedelai, jagung, bawang putih, hingga gula.

"Saya mendorong food estate ini harus segera diselesaikan, paling tidak tahun ini yang di Sumatera Utara dan di Kalimantan Tengah itu diselesaikan," ujar Jokowi dalam Rapat Kerja Nasional Pembangunan Pertanian Tahun 2021 yang ditayangkan secara virtual, Senin (11/1/2021).

Kementan Optimistis Proyek Food Estate Tahap Awal Rampung Akhir Desember

Jokowi mengatakan, sektor pertanian Indonesia tak bisa lagi mengandalkan sistem konvensional, melainkan perlu terobosan dengan membangun kawasan yang economic scale, yakni areal tanam yang luas dan bersistem pertanian modern.

Hal itu yang akan diwujudkan melalui pembangunan food estate.

Ia memastikan, food estate dibangun dengan teknologi pertanian yang canggih.

Oleh sebab itu, Jokowi minta dua proyek food estate bisa segera rampung untuk bisa dievaluasi, sehingga diketahui permasalahannya seperti apa di lapangan dan teknologi apa yang kurang.

Luhut Jamin Proyek Food Estate Tidak Merusak Hutan

Dengan demikian, penyempurnaan food estate pun bisa dilakukan.

Kemudian, kedua food estate itu bisa menjadi acuan di daerah-daerah lainnya.

"Karena ini (food estate di Sumut dan Kalteng) akan jadi contoh, kalau ini bener-benar bisa, maka dijadikan contoh semua provinsi, tinggal copy saja," kata Jokowi.