Erick Thohir: Keputusan Tak Lockdown Tepat, Ekonomi Indonesia Lebih Baik dari Malaysia

Erick Thohir: Keputusan Tak Lockdown Tepat, Ekonomi Indonesia Lebih Baik dari Malaysia

Terbaiknews - Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan bahwa keputusan Presiden...

, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan bahwa keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk tidak menjalankan kebijakan kerantina wilayah secaraÂtotal atauÂlockdown di masa pandemi Virus Corona sudah sangat tepat. Hal tersebutÂterbukti penyebaran virusÂCovid-19 bisa dikendalikan tetapiÂkondisi ekonomi Indonesia bisa lebih baik dibandingkan beberapa negara lain.

"Kalau kita lihat juga dari pertumbuhan, Indonesia dibandingkan negara-negara G20 seperti India, Prancis, Inggris, dan lain-lain, kita juga lebih baik. Oleh karena itu, keputusan Presiden Indonesia Joko Widodo untuk tidak lockdown adalah keputusan tepat. Kita bisa lihat dan bandingkan dengan Asia Tenggara, seperti Singapura, Malaysia, dan lain-lain, secara tren juga sangat baik," ujarnya, Jakarta, Rabu (16/9/2020).

Erick Thohir mengatakan, ekonomi Indonesia masuk dalam kategori baik di tengah negara lain memasuki masa kejatuhan ekonomi yang cukup dalam. "Ada beberapa negara yang lebih baik dari kita, kalau lihat dari perekonomian ada Taiwan, Korea Selatan, Lithuania, Norwegia, dan Indonesia masuk dalam kategori ini," paparnya.

Dari sisi penanganan Covid-19, Indonesia juga tergolong lebih baik. Misalnya dari sisi fatality rate yang terus membaik dari kisaran 8 persen per April 2020, menjadi 3,99 pada bulan ini. "Memang global masih lebih baik. Tapi dengan kerja keras dan gotong royong bersama, kita yakini angka fatality rate ini bisa terus kita tekan," paparnya.

Dia optimistis Indonesia bisa keluar dari krisis akibat pandemi Covid-19. Rasa percaya diri itu bersumber dari proyeksi berbagai lembaga dunia termasuk IMF. Bahkan pada 2024, Indonesia diprediksi menjadi salah satu negara dengan perekonomian cukup besar.

"Kalau kita lihat di tahun depan, dari IMF, dan lain-lain, memproyeksikan, ekonomi Indonesia akan tumbuhÂbaik. Maka di 2024 kita masuk dalam kategori negara besar. Data-data ini tentu dipresentasikan bukan oleh kami, tapi oleh para pengamat dan pemikir yang menyampaikan secara terbuka," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com