Efek Virus Corona, Harga Bawang Putih Meroket hingga Rp 60 Ribu per Kg

Efek Virus Corona, Harga Bawang Putih Meroket hingga Rp 60 Ribu per Kg

Terbaiknews - Jakarta - Komoditas bawang putih mengalami kenaikan harga berangsur-angsur beberapa hari...

, Jakarta - Komoditas bawang putih mengalami kenaikan harga berangsur-angsur beberapa hari belakangan dari harga awal yang hanya Rp 30 ribu per kg.

Pedagang sayuran di Pasar Kelapa Gading, Cici, mengeluhkan harga bawang putih yang telah mencapai Rp 60 ribu per kg hari ini.

"Saya jualnya Rp 60 ribu per kg. Habis dari sananya juga sudah Rp 50 ribu-an lebih," ujar Cici kepada Liputan6.com, Jumat (07/02/2020).

Belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan naiknya harga bawang putih ini, namun pedagang menduga adanya virus Corona menyebabkan pasokan menipis karena impor dari China terhambat.

"Kayaknya karena Corona itu, deh, saya juga nggak begitu paham, soalnya kata yang jual ke saya ini impor dari China. Sudah satu mingguan ini lah naik berangsur-angsur, dari Rp 30 ribu, Rp 40 ribu, Rp 45 ribu, Rp 55 ribu," ujar Cici.

Pedagang lainnya, Gugus, mengungkapkan hal yang senada. Dirinya menjual bawang putih seharga Rp 55 ribu per kg, itupun dengan keuntungan yang tipis.

"Iya tetap lah di jual segitu meskipun dapatnya sedikit. Habis mau gimana, naiknya drastis," ungkap Gugus kepada Liputan6.com.

Sementara, harga komoditas lain seperti bawang merah, tomat dan lainnya mengalami peningkatan meskipun tak signifikan.

Harga bawang merah naik dari Rp 25 ribu per kg menjadi Rp 30 ribu per kg, tomat stagnan di angka Rp 13 ribu per kg, cabe merah keriting fluktuatif di angka Rp 65 ribu hingga Rp 70 ribu per kg.

Kemudian, cabe merah besar Rp 85 ribu per kg, cabe rawit merah Rp 85 ribu per kg dan cabe rawit hijau Rp 45 ribu per kg.