Dampak Virus Corona, Bagaimana Kondisi Ekspor Impor dengan China Usai Penghentian?

Dampak Virus Corona, Bagaimana Kondisi Ekspor Impor dengan China Usai Penghentian?

Terbaiknews - Jakarta Pemerintah menghentikan impor produk dari China seiring wabah Virus Corona....

, Jakarta Pemerintah menghentikan impor produk dari China seiring wabah Virus Corona. PengusahaÂmengungkapkan, usai pelarangan sejauh ini kegiatan ekspor impor masih berjalan normal, kecuali hewan hidup.

"Hingga saat ini, yang banyak diimpor adalah barang-barang elektronik. Ekspor-impor barang juga masih berjalan kecuali hewan hidup dan pertukaran manusia dari dan ke China," ujarÂKetua Umum Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI), Anton Sihombing kepada Liputan6.com,ÂJumatÂ(7/2/2020).

PenghentianÂimpor sementara dari China terkait Virus Corona memberikan kekhawatiran banyak pihak. Spekulasi muncul jika kebijakan ini bisa mendorong kenaikan harga produk di pasar lokal mengingat ketersediaan barang yang berkurang.

Namun Anton melihat harga pasar saat ini masih relatif stabil seperti biasa. Meski, dia berharap pemerintah mengkaji kembali kebijakan impor bahan pangan, seperti holtikultura dan bahan makanan dari daging.ÂÂ

"Kami meminta supaya impor seperti buah-buahan dan makanan itu agar lebih dicermati oleh pemerintah. Kami yakin selanjutnya akan diambil langkah-langkah yang sesuai perkembangan," jelas dia.

Pemerintah diharapkan dapat membaca situasi dengan kondisi virus corona yang sudah menjalar ke beberapa negara.

"Antara lain yang perlu dicermati adalah barang-barang import hortikultura dan makanan-makanan. Orang juga minta agar bawang putih diambil dari luar China. Kami yakin pemerintah mampu mengatasi hal ini dengan mengambil langkah-langkah kongkrit atau alternatif lain untuk menghindari kerugian-kerugian yang berdampak pada negara," ungkap dia.

Â