Bea dan Cukai Sita Sepeda Brompton dari Pesawat Garuda, Berapa Harganya?

Bea dan Cukai Sita Sepeda Brompton dari Pesawat Garuda, Berapa Harganya?

Terbaiknews - KOMPAS.com —Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) menyita sejumlah barang ilegal di...

, KOMPAS.com —Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) menyita sejumlah barang ilegal di pesawat baru milik maskapai Garuda Indonesia yang berjenis Airbus A330-900.

Namun, ada yang menarik dari sitaan itu, yakni sepeda lipat Brompton yang kini digandrungi oleh masyarakat. Fungsi sepeda lipat tersebut tidak hanya digunakan buat berolahraga, tetapi kini kerap digunakan untuk pergi kerja.

Terlebih lagi di kota-kota metropolis, seperti Jakarta yang tiap hari selalu mengalami kemacetan, sehingga segelintir orang memilih untuk menggunakan sepeda, terutama sepeda lipat yang begitu praktis dibawa.

Ada Direksi Garuda di Pesawat yang Angkut Onderdil Harley dan Sepeda Brompton

Untuk sepeda lipat merek Brompton, bila ditelusuri di berbagai marketplace, harganya bervariatif. Harga terendah sekitar Rp 30 juta, dan termahal mencapai lebih dari Rp 80 juta.

Dikutip dari www.mainsepeda.com, sepeda lipat Brompton awalnya diperuntukkan bagi petinggi di Kerajaan Inggris. Penciptanya adalah Andrew Ritchie. Brompton diproduksi pada tahun 1981 di kota Brentford, Inggris.

Rupanya sepeda lipat tersebut paling diincar di Indonesia karena kualitas serta beratnya yang lumayan ringan. Dari merek sepeda tersebut, ada tujuh tipe special edition yang diproduksi, yaitu:

Ini Identitas Pemilik Onderdil Harley dan Sepeda Brompton yang Ditemukan Bea Cukai

Brompton Royal Wedding Edition 2011

Sepeda ini dibuat saat memperingati pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton. Hanya 300 unit sepeda ini dibuat dengan desain warna sake white, dilengkapi dengan S bag bergambar mahkota dan sadel Brooks B17 special copper rail. Sepeda tersebut ditawarkan pada kisaran Rp 30 juta per unitnya.

Brompton Vic Lee Edition 2012

Vic Lee adalah seorang ilustrator asal Clerkenwell, London. Vic Lee mendesain Brompton dengan tema London. Grafis putih hasil karya tangan Vic terukir di atas frame hitam glossy. Sepeda ini digunakan sebagai salah satu hadiah event Brompton World Championship 2011.

Namun, karena banyaknya permintaan, akhirnya Brompton besama Vic Lee membuat limited edition 500 unit saja. Soal harga, sepeda Vic Lee dijual sekitar Rp 55 juta.

Brompton Jubilee 2012

Sepeda ini memiliki varian warna putih, biru, dan merah yang dilengkapi S bag bergambar bendera Inggris Union Jack karya Katie Barton. Sepeda ini sengaja dibuat untuk memperingati tahun ke-60 Ratu Elizabeth II bertakhta di Kerajaan Inggris. Ada sekitar 500 unit tipe sepeda ini dirilis. Harganya ditawarkan di kisaran Rp 46 juta.

Selanjutnya, Brompton Barcelona 2013...

Source : https://money.kompas.com/read/2019/12/04/053559626/bea-dan-cukai-sita-sepeda-brompton-dari-pesawat-garuda-berapa-harganya