5 Tips Mengelola Keuangan bagi Wanita Karier

5 Tips Mengelola Keuangan bagi Wanita Karier

Terbaiknews - - Wanita sering diidentikkan sebagai bendahara keuangan keluarga. Hal ini membuat wanita dituntut...

, - Wanita sering diidentikkan sebagai bendahara keuangan keluarga. Hal ini membuat wanita dituntut piawai dalam mengelola keuangan pribadi, maupun keluarga bagi yang sudah menikah.

Wanita yang sudah berkeluarga tentu harus bisa mengelola untuk suami, anak, dan masa depannya. Namun, tentu bagi ibu karier akan kerepotan karena harus menyesuaikan dua pola pengaturan keuangan secara bersama, yaitu kebutuhan pribadi untuk karier dan kebutuhan keluarga.

Hal yang berbeda bagi wanita karier yang single. Tidak sedikit wanita karier single memiliki gaya hidup modern bahkan glamour dari hasil kerja kerasnya selama berkarier.

Di samping itu, banyak juga alasan wanita yang berkarier untuk membantu ekonomi keluarga, mengaplikasikan ilmu yang dimilikinya, dan masih banyak lagi.

Ini 6 Langkah BI Atasi Fraud di Sektor Keuangan

Perencanaan Keuangan Finansialku, Rista Zwestika, CFP®, mengatakan, jika berbagai alasan wanita berkarier itu tidak bisa mengontrol keuangannya, maka arah keuangan pun akan tidak menentu. Artinya, tidak akan bisa mempersiapkan keuangan untuk masa depan.

“Sebagai pengatur ekonomi pribadi dan rumah tangga, sudah waktunya melek secara finansial. Artinya, harus mulai belajar bagaimana cara mengelola keuangan tersebut,” sebut dia.

Rista memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan wanita karier dalam mengelola keuangannya.

1. Lakukan financial check up

Kata Rista, sebagai langkah awal, Anda bisa lakukan yang namanya financial check up atau mengecek kondisi keuangan, apakah sehat atau tidak. Dari langkah awal ini, Anda bisa mengetahui apakah Anda memiliki aset atau tidak, apakah utang porsinya berlebih atau tidak, jumlah harta cukup atau tidak, dan lain sebagainya.

Jika sudah mengetahui keadaan keuangan, Anda menjadi tahu harus mulai mengelola keuangan dari mana sehingga bisa lebih tepat arah ke depannya.

Berita dengan kategori