4 Tips Perencanaan Keuangan Bagi Pemilik Mobil

4 Tips Perencanaan Keuangan Bagi Pemilik Mobil

Terbaiknews - - Meski nilainya terus mengalami depresiasi dari tahun ke tahunmobil merupakan sebuah aset....

, - Meski nilainya terus mengalami depresiasi dari tahun ke tahun, mobil merupakan sebuah aset. Kepemilikan sebuah mobil tentu menuntut seseorang untuk memiliki perencanaan keuangan yang baik.

Keberadaan mobil sebagai aset tentu akan menambah nilai kekayaan bersih Anda. Namun sebagai sebuah aset, mobil bisa dikategorikan sebagai aset pribadi maupun investasi.

Ketika mobil hanya digunakan untuk keperluan mobilitas sehari-hari, maka statusnya pun menjadi aset pribadi. Namun ketika mobil digunakan untuk mencari uang seperti mengantar penumpang, mengangkut barang dagangan, diperjual-belikan ke showroom atau pelanggan, maka mobil akan menjadi aset investasi.

Seperti diketahui, ada banyak biaya yang harus dikeluarkan bagi mereka yang memiliki mobil. Berikut adalah tips perencanaan keuangan bagi para pemilik mobil seperti dilansir dari Lifepal, Sabtu (16/9/2020).

Mau Pilih KPR Syariah atau Konvensional, Ini Perbedaannya

Mobil juga butuh dana darurat

Idealnya, seorang harus menyediakan dana darurat setara minimal 3 sampai 6 kali pengeluaran bulanan. Mengapa? Karena dana darurat akan berguna untuk menalangi biaya hidup di saat orang yang bersangkutan kehilangan penghasilan.

Lantas seperti apa bentuk dana darurat untuk mobil?

Semakin tua usia mobil, maka semakin sering pula pergantian suku cadangnya. Pergantian suku cadang saat servis berkala jelas memunculkan biaya tak terduga yang harus dibayarkan.

Sebut saja aki mobil yang habis masa pakainya, kampas kopling, rem, busi, oli, dan filter-filter yang harus diganti dalam hitungan kilometer. Belum lagi, pemilik mobil rentan terkena risiko ban kempes di tengah perjalanan, baik karena tekanan anginnya yang kurang atau karena musibah lain.

Oleh karena itulah, cukup penting tentunya untuk mengalokasikan dana untuk kebutuhan ini. Tidaklah salah untuk menabung setidaknya 1-5 persen dari pemasukan per bulan untuk dana darurat mobil. Simpan saja dana tersebut di tabungan agar tetap likuid.

Tips dan Untung Rugi Membeli Rumah Lewat Over Kredit