4 Cara agar Tetap Terlindungi dari Rumah Selama Pandemi Covid-19

4 Cara agar Tetap Terlindungi dari Rumah Selama Pandemi Covid-19

Terbaiknews - KOMPAS.com – Baru-baru ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali mengingatkan semua orang...

KOMPAS.com – Baru-baru ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali mengingatkan semua orang bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir. Risiko penularan masih tinggi dan kondisi pandemi bisa memburuk kapan saja.

“Virus itu nyata. Ini berbahaya. (Virus) itu bergerak cepat dan membunuh," ujar Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti diwartakan Kompas.com, Selasa (1/9/2020).

Karena itu, disiplin melakukan protokol kesehatan dan berdiam diri di rumah menjadi langkah yang bijak. Meski begitu, ada baiknya tetap menjaga diri dan waspada agar selalu terlindungi.

Pasalnya, virus corona bisa ada di mana saja dan menginfeksi siapa saja tanpa pandang bulu. Agar senantiasa terlindungi selama di rumah saja, Kompas.com telah merangkum beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Menerapkan pola hidup sehat

Badan Pangan dan Pertanian (FAO) Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan, pola makan sehat dengan gizi seimbang sangat penting untuk mendukung sistem daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Untuk itu, selama pandemi sebaiknya Anda mulai perbanyak mengonsumsi buah dan sayur, batasi asupan lemak, gula, garam, serta penuhi kebutuhan cairan.

Jangan lupa juga untuk rutin berolahraga agar tubuh tetap bugar. Daripada olahraga berat, lebih baik memilih olahraga ringan selama pandemi, seperti yoga, zumba, gerakan-gerakan tanpa alat, atau senam.

“Olahraga berat tidak disarankan karena pasca-berolahraga tubuh kita butuh waktu untuk bisa kembali normal. Prosesnya butuh waktu lebih lama dibandingkan kalau kita olahraga ringan dan hal ini membuat kita berisiko terinfeksi (Covid-19),” ujar dr Reisa Broto Asmoro, seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (17/6/2020).

2. Rutin membersihkan tempat tinggal

Jangan lupa untuk rutin membersihkan tempat tinggal, meskipun jarang pergi ke luar rumah. Pasalnya, penelitian dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat yang terbit pada Selasa (17/3/2020) mengungkapkan, virus corona bisa bertahan berhari-hari di permukaan benda.

Pada benda plastik, misalnya, virus corona bisa bertahan 3 hari. Jika menempel di kardus, virus bisa bertahan selama 24 jam. Karena itu, rutin membersihkan tempat tinggal beserta perabotnya cukup penting.