Sudah Masuk Tahap Krusial, KPU: Hentikan Perdebatan Tunda Pilkada

Sudah Masuk Tahap Krusial, KPU: Hentikan Perdebatan Tunda Pilkada

Terbaiknews - JAKARTA - Komisioner KPUIlham Saputra menganggapsaat ini tidak perlu lagi diperdebatkan apakah...
JAKARTA - Komisioner KPU, Ilham Saputra menganggap, saat ini tidak perlu lagi diperdebatkan apakah Pilkada serentak 2020 ditunda atau tidak akibat wabah Covid-19 yang tak menentu. Ia melihat mengenai itu sudah menjadi perdebatan lama yang sudah diputuskan, dan saat ini proses tahapan pilkada tengah berjalan.

"Saat ini kita sudah melakukan dua tahapan krusial yaitu verifikasi calon perseorangan dan juga melakukan coklit oleh PPDP (Panitia Pemutakhiran Data Pemilih). Perekrutan PPDP juga sudah kita lakukan sesuai prosedur bahwa teman-teman harus melakukan rapid terlebih dahulu sebelum terjun ke lapangan," ujar Ilham dalam diskusi Polemik MNC Trijaya FM 'Mengukur Kualitas Pilkada Saat Pandemi' secara virtual, Sabtu (25/7/2020).
Ditambahkan Ilham, pihaknya juga meminta kepada petugas di TPS dan PPK untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Untuk itu, saat ini sudah tak ada perdebatan mengenai penundaan Pilkada.

Ilham mengatakan, harus diakui memang lembaganya sempat menawarkan opsi agar Pilkada digelar antara Desember 2020, dan Maret atau September 2021, namun usulan itu tidak bisa dilaksanakan setelah pemerintah akhirnya menerbitkan Perppu, dan kemudian disetujui oleh DPR.
Menurutnya, meski lembaganya sepakat melaksanakan pilkada pada 9 Desember 2020, namun pihaknya memberikan catatan tentang potensi keselamatan masyarakat di tengah pandemi. Waktu itu, pihaknya mendapat jawaban bahwa silakan pilkada dilksanakan, tapi dengan menerapkan protokol kesehatan.


Selain itu, kata Ilham, pihaknya tidak punya kewenangan untuk memastikan sebetulnya sudah sejauh mana pandemi covid-19 ini, apakah sudah merah hujau dan ssegala macamnya.

Berita dengan kategori