Wuih! Pengusaha Pakai Vaksin Sinopharm dan J&J Buat Vaksinasi

Wuih! Pengusaha Pakai Vaksin Sinopharm dan J&J Buat Vaksinasi

Terbaiknews - JakartaCNBCÂIndonesia -ÂVaksinasi mandiri covid-19 yang akan dilakukan para pengusaha...

Jakarta, CNBCÂIndonesia -ÂVaksinasi mandiri covid-19 yang akan dilakukan para pengusaha atau sektor swasta bagi para pekerjanya sudah ada tanda-tanda positif. Pelaku usaha di bawah Kadin Indonesia sedang menyiapkan persiapan pengadaan vaksin, termasuk menjajaki berbagai merek yang akan didatangkan untuk vaksinasi mandiri.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan P. RoeslaniÂmenegaskan nanti merek vaksinÂcovid-19 yang dipakai dalam vaksinasi mandiri berbeda dengan vaksin yang dipakai oleh pemerintah.

Hingga saat ini, pemerintah Indonesia menggunakan vaksin Sinovac asal China dalam proses vaksin perdana. Kriteria pemilihan Sinovac karena sudah lulus WHO dan disetujui oleh BPOM, karenanya untuk vaksinasi mandiri harus berbeda. Selain itu vaksin Pfizer, Novavax, AstraZeneca, dan Moderna sudah dipesan pemerintah.


"Harus dibedakan antara vaksin gratis dengan vaksin mandiri, mungkin betul arahnya ke Sinopharm, Pfizer, Johnson Johnson (J J), ke arah situ," kata Rosan P. Roeslani kepada CNBC Indonesia, dikutip JumatÂ(5/2).

Pelaku usaha swasta terus bersiap dalam menyambut vaksinasi mandiri. Namun, pelaksanaannya perlu memerhatikan banyak hal, misalnya dalam pemilihan vaksin. Pemerintah memberi indikasi bahwa perlu ada perbedaan antara vaksin untuk vaksinasi gratis dari pemerintah maupun vaksinasi mandiri yang juga gratis oleh perusahaan swasta.
Hingga saat ini, Indonesia menggunakan vaksin Sinovac asal China dalam proses vaksin perdana. Kriteria pemilihan Sinovac karena sudah lulus WHO dan disetujui oleh BPOM, karenanya untuk vaksinasi mandiri harus berbeda. Selain itu vaksin Pfizer, Novavax, AstraZeneca, dan Moderna sudah dipesan pemerintah.

"Harus dibedakan antara vaksin gratis dengan vaksin mandiri, mungkin betul arahnya ke Sinopharm, Pfizer, Johnson n Johnson, ke arah situ," kata Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan P. Roeslani kepada CNBC Indonesia, Kamis (4/2/21).


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Berita dengan kategori