Wow! Ada Warga Singapura Jadi Intel untuk China di AS

Wow! Ada Warga Singapura Jadi Intel untuk China di AS

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Seorang pria bernamaÂJun Wei YeoÂyang merupakan...

Jakarta, CNBC Indonesia - Seorang pria bernamaÂJun Wei YeoÂyang merupakan wargaÂnegara Singapura mengakui menjadi agen intelejenÂbagi China, seperti disampaikan Kementerian Kehakiman Amerika Serikat (AS). Pria ini membuatÂsitus konsultasi palsu untuk meminta informasi dari pemerintah AS dan pekerja militer, seperti dikutip dari CNBCÂInternational.

Hukuman untuk Jun Wei Yeo, yang juga dikenal sebagai Dickson Yeo, akan ditetapkan pada Oktober, menurut departemen. Seperti diketahui, AS sedang memburu dan menindak mata-mata Tiongkok.

FBI telah mewawancarai puluhan orang pemegang visa asing yang memiliki kaitan dengan intelijen Tiongkok.


Pada hari Jumat, seorang peneliti Tiongkok yang mengungsi di konsulat San Francisco diperkirakan akan muncul di pengadilan atas tuduhan bahwa ia berbohong tentang dinas militer China-nya, sementara kepala badan kontraintelijen AS memperingatkan Cina dan negara-negara lain dapat mengganggu pemilihan November.

Sebelumnya, AS sudah menangkap empat orang warga China yang diduga punya hubungan dengan intelegenÂChina. Mereka adalah peneliti yang menuntut ilmu di AS.

Tiga warga, Song Chen, Wang Xin dan Tang Juan yang berada di wilayah California. Sementara yang keempat adalah seorang mahasiswa pascasarjana bernama Zhao Kaikai, yang mempelajari kecerdasan buatan di Univeristas Indiana.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)